Menuju Cult Branding

Volkswagen Beetle adalah contoh cult brand yang lain. Produknya terjual lebih dari 22 juta sejak diproduksi secara massal di Jerman 1938. Para pecintanya membentuk ratusan klub-klub VW di seluruh dunia, dan melakukan berbagai kegiatan, mulai dari rally hingga bakti sosial. Self expression yang ditunjukkan oleh penggemar kendaraan ini menunjukkan pemenuhan kebutuhan tertinggi dari hierarki Maslow.

Nostalgia dan hobi merupakan salah satu faktor pembentuk kuatnya hubungan emosional sesama pemilik kendaraan VW. Tapi ikatan emosional masa lalu saja tidak cukup, Volkswagen juga menawarkan desain yang unik – hal ini terlihat pada seri Golf, Passat, atau Jetta yang inovatif.

Kecanggihan fitur ditambah kekuatan merek yang mempunyai sejarah panjang di bisnis otomotif dunia inilah antara lain yang membuat penjualan VW dan Audi (anak perusahaan Volkswagen) tahun lalu melesat 14% menjadi 437.000 unit dan merebut pangsa pasar 2,5% (dari hanya 0,5% pada 1993), walau harganya sekitar 20% lebih mahal ketimbang mobil merek lain dari kelas yang sama.

VW, dan juga Apple, berhasil menjadi cult brand, karena mereka tidak hanya menjual produk tapi juga gaya hidup. Cult brand juga menunjukkan kebebasan personal pelanggannya dan menjaga pelanggan dari serangan musuhnya. Selain membentuk komunitas pelanggan, prinsip dasar pembentukan merek yang mampu dikultuskan adalah mendengarkan pelanggan dan menciptakan cult brand evangelist.

Nokia adalah merek baru yang tinggal selangkah lagi untuk menuju cult brand. Untuk itu Nokia harus menjadikan pelanggannya menjadi bagian dari satu kelompok yang berbeda dari yang lain. Menggarap konsumen ponsel Nokia menjadi komunitas berbeda serta menyediakan berbagai dukungannya merupakan langkah yang bagus. Juga menggarap game society yang spesifik merupakan lompatan yang berani, meski beberapa merek elektronik ternama, seperti Philips, Samsung, bahkan Apple, terbukti kurang berhasil memasuki arena ini. (Burhan Abe)

Nokia Maketing Award, 2002

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments