Persembahan Ananda untuk Perempuan Indonesia

Sementara angka-angka tersebut semata fenomena gunung es, dimana baru sebatas pada kasus-kasus yang dilaporkan, kemampuan penanganan masih sangat terbatas. Para pendamping yang sangat dibutuhkan korban untuk mengakses keadilan dan pemulihan bekerja dalam kondisi dukungan yang minim. Hingga saat ini Pundi Perempuan aru mampu membantu setiap tahunnya 6 lembaga layanan bagi perempuan korban dengan dana sebesar 15 juta per organisasi atau hampir senilai dengan dana yang dibutuhkan untuk pendampingan yang utuh untuk 1 kasus saja di DKI Jakarta.   

Saat ini, Pundi Perempuan baru dapat mengumpulkan total dana Rp 1,6 miliar, 75% di antaranya telah digunakan untuk mendukung 58 organisasi pengada layanan yang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak (Women Crisis Center), 4 kelompok korban dan 3 perempuan pembela Hak Asasi Manusia.

Diperkirakan dengan target penggalangan dana abadi sebesar Rp 10 miliar maka Pundi Perempuan baru dapat menghidupi dirinya secara berkelanjutan. Oleh karena itu pementasan Opera Clara dalam rangka penggalangan dana untuk Pundi Perempuan dan berbagai upaya lainnya dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk dapat terus memperluas jangkauan dukungan bagi perempuan korban kekerasan.   

“IKa melalui Pundi Perempuan berkontribusi sebagai lembaga yang yang pertama mendanai kami untuk dapat mendampingi perempuan dan anak korban kekerasan,” kata Sri Mulyati, pimpinan SAPA Institute Bandung.  

Pertunjukan Opera Clara akan diperdanakan pada bulan Desember 2014 di Jakarta sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang diperingati secara serentak diseluruh penjuru dunia mulai tanggal 25 November-10 Desember pada setiap tahunnya.   

Pementasan Opera Clara diharapkan juga dapat berkontribusi untuk merawat ingatan pada sejarah perjalanan bangsa, utamanya terkait Tragedi Mei 998, demi memastikan agar hal serupa tidak terulang kembali. Hal ini selaras dengan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta yang sejak Mei 2014 mengupayakan situs memorialisasi Mei 1998 di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur. (*)

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments