Music Score

Mempopulerkan Musikus

Tak sedikit musikus atau penyanyi yang memperoleh nama besar setelah membawakan soundtrack.   Begitu besar arti musik bagi film. Tentu sulit dibayangkan jika kita harus kembali ke era film bisu dengan semua keterbatasannya. Maka kerja sama antara komposer dan musikus lainnya akan dapat menghasilkan music score yang baik. Masuknya musikus dalam industri film merupakan cara efektif lainnya yang tidak boleh dilupakan.  

Musikus dengan karyanya mendapat kesempatan melakukan hal yang sama dan memberi dampak serupa. Sebab, banyak sekali penyanyi dan grup band besar yang berkesempatan menyelipkan karya mereka menjadi bagian dari film dalam beberapa adegan.  

Tentunya hal itu akan melahirkan kebanggaan yang istimewa. Bahkan tidak sedikit yang menuai popularitas luas setelah karyanya diperdengarkan melalui film dibanding sebelum menjadi soundtrack film.  

Proses pembuatan musik atau lagu yang dilakukan musikus jelas berbeda dengan yang digarap oleh komposer yang memang dipersiapkan untuk film. Tak sedikit lagu yang dibawakan musikus memang berdiri sendiri, tanpa dimaksudkan untuk disesuaikan dengan filmnya. Maka proses seleksi pemilihan lagu dari genre, judul, hingga lirik menjadi alasan mencari musik yang tepat untuk mengiringi film.  

Banyak yang bisa dijadikan contoh bagaimana soundtrackmembuka pintu bagi musikus mendapat ketenaran. Film Rocky, misalnya, berhasil mempopulerkan band Survivor dengan lagunya, Eye of the Tiger.  

Pada 1986, Peter Cetera mendapat kesempatan yang sama saat lagunya menjadi soundtrackKarate Kid II. Dengan tema yang sesuai, sulit memisahkan film tersebut dengan lagu Cetera yang berjudul Glory of Love.  

Begitu pula dengan film Saturday Night Fever, yang dirilis pada 1977. Pada era ketika suasana disko masih menggema, lagu Stayin’ Alive, yang dibawakan oleh Bee Gees, menjadi karya yang melekat dengan film yang diperankan oleh aktor besar John Travolta.  

Namun ada contoh besar bagaimana musik bisa bergema sama besar dengan filmnya. Hal itu terjadi saat sutradara James Cameron menggarap film tentang kecelakaan kapal yang sangat bersejarah, yakni Titanic.  

Kesuksesan yang mendunia diraih Titanic dengan memperoleh banyak penghargaan, tidak terkecuali di bidang musiknya. My Heart Will Go On, yang dinyanyikan oleh Celine Dion, menjadi hit besar sepanjang karier penyanyi bersuara emas asal Kanada itu.  

Sumber: MALE Zone by Dedy Sofan, MALE 92

Previous article
Next article

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments