Musik dan Media Sosial

Berikut ini beberapa media sosial yang sering digunakan oleh pencinta musik untuk bersosialisasi di Internet. 

Facebook

Sebagai media sosial terbesar, tidak bisa dimungkiri banyak orang memilih Facebook untuk berinteraksi. Musikus/band biasanya memilih menggunakan fasilitas Fanpage untuk update segala jenis informasi yang akan disampaikan. Bahkan beberapa di antaranya menggunakan fasilitas ini untuk memperkenalkan karya hingga klip video terbarunya.  

Twitter

Keterbatasan 140 karakter yang disediakan oleh Twitter tidak membuat penggunanya menyerah menggunakan media sosial ini untuk berinteraksi. Banyak musikus atau penggemar musik bertukar informasi melalui Twitter. Bahkan beberapa di antaranya menggunakan Twitter sebagai ajang untuk memberitahukan jadwal manggung hingga penjualan merchandise. Twitter sebenarnya memiliki Twitmusic yang lebih spesifik lagi untuk bersosialisasi mengenai musik.  

MySpace

MySpace memiliki peran penting dalam pertumbuhan musik pada era Internet. Sempat vakum, tapi kemudian Justin Timberlake bersama Specific Media LLC menghidupkannya kembali. Artis seperti Lilly Allen dan Arctic Monkeys pernah sukses melalui media ini. So, tentu saja media sosial ini masih dilirik untuk digunakan berinteraksi dalam bidang yang berhubungan dengan musik.  

Last.fm

Jejaring sosial yang satu ini akan memperluas pengetahuan tentang musik. Hal ini terjadi karena setiap membuka halaman yang menyajikan informasi tentang seorang musikus/band, Last.fm akan menghadirkan hingga lima musikus/band lain dengan jenis yang sama. Fitur bertukar pesan dan chat pun tersedia di sini.  

YouTube

Mengedepankan video sebagai unggulannya, YouTube menjadi salah satu media sosial yang cukup penting dalam industri musik. Bahkan kebanyakan musikus menggunakan media ini sebagai ajang perkenalan karya atau klip video terbaru mereka. Meski mengedepankan format video, tidak sedikit juga yang berbagi lagu melalui media ini.   

SoundCloud

Di sini setiap pengguna bisa berbagi bebunyian yang direkam dan diunggah. Banyak musikus dan produser yang menggunakan media ini untuk berbagi. Ada yang menyediakannya secara gratis untuk diunduh atau langsung dihubungkan dengan portal musik, seperti Beatport dan iTunes.   

Reverbnation

Inilah media sosial yang berfungsi menjalin hubungan di antara pelaku industri musik. Mereka bisa melakukan promo karya hingga mencari panggung untuk dicoba.   

Kompoz

Media sosial ini menarik, karena penggunanya bisa melakukan kolaborasi, baik offline maupun online. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi musikus.

Sumber: MALE Zone by Witanto Prasetyo, MALE 85

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments