Jakarta Kota Mahal

Produk-produk tersebut mulai dari harga secangkir kopi, tiket bioskop, ponsel, ayam KFC, baju Zara, gym membership, penginapan di hotel sampai harga berlangganan internet. Agar mendapatkan hasil perbandingan yang akurat maka Ipsos melakukan perbandingan harga dari setiap kota pada tanggal yang sama (21 Februari 2014) dan memberikan spesikasi yang jelas untuk setiap produk-produk tersebut.  

Untuk harga kopi, Ipsos mengacu pada harga Hot Cappucino Grande Starbucks. Harga tiket bioskop didapati dari pemain utama jaringan bioskop di setiap kota dengan spefikasi produk yakni harga normal satu tiket bioskop reguler pada hari Sabtu malam. Dari sisi makanan yang dikonsumsi, mengacu pada harga dua potong dada ayam dari restoran cepat saji international, yaitu KFC. Harga tersebut tidak termasuk biaya tambahan apapun seperti biaya minuman dan biaya antar. Untuk harga ponsel, menunjuk pada harga tunggal Samsung Galaxy S4 (tidak termasuk biaya-biaya lain seperti biaya kontrak/dll.).

Dari segi pakaian, survei ini mengacu pada harga kemeja putih tangan panjang wanita dari Zara (nama produk: long sleeve shirt). Kemudian, survei ini melihat harga 1 tahun gym membership dari fitness club ternama di setiap kota di mana harga keanggotaan tersebut merupakan harga program yang terlengkap; termasuk personal trainer dan berhak menggunakan semua fasilitas yang tersedia.  

Untuk harga penginapan hotel, survei ini mengacu pada harga hotel berbintang yakni hotel Four Seasons. Harga tersebut merupakan harga kamar double-bed termasuk makan pagi. Produk yang terakhir adalah paket langganan internet terbaik untuk 1 bulan dari perusahaan penyedia internet ternama di setiap kota. Harga dari produk tersebut hanya untuk paket internet (tidak terikat dengan paket lain seperti paket untuk televisi, telepon, dll.) dan tidak termasuk biaya set up.  

Photo by Mohammed Hassan on Unsplash

Setelah mengkonsolidasikan harga setiap kota dari produk-produk tersebut, dikonversikan harga produk-produk tersebut ke satu nilai mata uang Amerika (USD) mengacu pada nilai tukar mata uang dari FX-rate pada tanggal survei. Kemudian, gaji rata-rata dari setiap negara di kota-kota metropolitan yang bersangkutan diperbandingkan langsung dengan harga dari produk-produk tersebut.  

Ipsos Business Consulting

Pada tahun 1994, Ipsos Business Consulting mendirikan kantor pertama di Hong Kong. Proyek pertama yang berhasil dieksekusi merupakan proyek di Indonesia pada tahun 1995. Ipsos Business Consulting adalah perusahaan Asia yang terpadu.

Tahun 2014 ini, perusahaan ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke 20 di Asia Pasifik sebagai perusahaan marketing inteligent yang terkemuka.   Didirikan di Perancis pada tahun 1975, Ipsos adalah satu-satunya perusahaan riset pasar independen yang dikendalikan dan dikelola oleh para peneliti profesional.

Dengan akuisisi yang dilakukan dengan Synovate Oktober 2011, Ipsos terbentuk menjadi perusahaan riset pasar ketiga terbesar di dunia. Dengan keberadaan Ipsos yang tersebar di 84 negara, Ipsos memiliki sumber daya untuk melakukan pemasaran intelijen dan riset pasar di manapun bisnis klien mereka di dunia. Tim ahli Ipsos memberikan klien solusi bisnis (kualitatif, peramalan, pemodelan , pengetahuan pasar, dan wawasan konsumen) dengan nilai tambah yang tinggi karena Ipsos tidak hanya menjangkau pasar lokal tetapi juga bekerja dalam skala pasar global.

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments