Ice Wine, Primadona asal Kanada

Sejarah pembuatan ice wine tergolong panjang. Ada bukti sejarah bahwa anggur beku yang digunakan untuk membuat ice wine sudah ada pada zaman dulu di Roma. Pliny the Elder (tahun 23-79 SM) menulis tentang beberapa varietas anggur yang mereka panen dalam keadaan beku.

Keterangan mengenai anggur dan pembuatan ice wine memang tidak diketahui secara rinci. Tapi yang jelas, istilah anggur beku, anggur kering (kismis), sudah cukup familiar saat itu, dan pembuatan ice wine dalam metode yang paling sederhana juga cukup populer.

Dalam era modern, ice wine paling terkenal adalah merek Inniskillin dari Kanada, dan diberi label ”Eiswein”, termasuk salah satu produk dengan kualitas terbaik. Anggurnya jenis vidal yang tumbuh di negara tersebut. Ketika dipamerkan di festival wine di Jakarta beberapa waktu yang lalu, ice wine ini menjadi salah satu primadona. Wine jenis gold label oak-aged vidal ini rasanya manis seperti madu. Harga per botolnya berkisar antara Rp1,5 juta dan Rp2 juta.

Though Pelee Island Winery and Hildebrand adalah produsen ice wine pertama di Kanada yang berproduksi secara komersial pada tahun 1983. Inniskillin Wines dikenal sebagai ice wine Kanada dengan prestasi internasional, di antaranya memenangkan Grand Prix d’Honneur tahun 1991 pada Vinexpo di Prancis, dengan ice wine Vidalnya, menempatkan Kanada sebagai penghasil ice wine penting di dunia.

Produsen wine Pillitteri Estate Winery tahun the 2000-an muncul sebagai produsen ice wine terbesar di dunia. Pada November 2006 produsen ice wine Kanada yang lain, Royal DeMaria, meluncurkan lima ice wine Chardonnay dengan harga sebotolnya mencapai C$30.000, yang membuat ice wine harganya setara dengan wine-wine premium yang lain.

Ice wine yang paling populer memang berasal dari Kanada. Tapi negara-negara lain juga ikut memproduksinya, sebutlah Australia, Austria, Kroasia, Republik Ceko, Perancis, Hungaria, Israel, Italia, Luksemburg, Selandia Baru, Slowakia, Slovenia, Swedia, dan AS, paling tidak dalam jumlah kecil. Siap mencoba? (Burhan Abe)

Appetite Journey, June 2009

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments