Use Your Body Language!

Saat ini Primadona, yang dibuka mulai pagi hingga malam, Senin sampai Sabtu itu hanya menerima anggota wanita saja. Untuk para penjemput, yang kebanyakan berjenis kelamin pria, dilarang masuk ke studio. Tapi tidak perlu khawatir, ruang tamu studio yang didesain seperti layaknya rumah itu cukup lega. Sambil duduk di sofa empuk, mereka bisa santai sambil nonton TV yang tersedia di ruang itu.  

Menurut Minati, ada perbedaan yang mencolok antara latihan senam aerobik dan body language. Jika aerobik lebih banyak didominasi dengan gerakan-gerakan meloncat dan menghentak, maka body language merupakan perpaduan antara latihan pernapasan dan pengencangan otot, terutama otot rahim dan otot alat-alat reproduksi wanita. Kendati tidak menyebut sebagai senam seks, secara tidak langsung, body language juga bisa mengharmoniskan hubungan suami isteri.  

Dalam body language pernapasan yang dipakai sebagian besar adalah pernapasan mulut. Kata Minati, volume udara yang ditarik dan dikeluarkan ternyata lebih besar ketimbang melalui hidung. Setelah latihan pernapasan ini terkuasai, latihan berikutnya adalah melakukan kontraksi otot, yang merupakan gerak dasar senam. “Fokus utamanya adalah otot perut. Gerakan tersebut dilakukan bersamaan dengan kontraksi otot panggul,” jelas artis cantik kelahiran 2 Maret 1959 itu.  

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah posisi pada saat melakukan gerakan senam. Tubuh harus dalam keadaan tegak, konsentrasi penuh, kemudian melakukan teknik pernapasan dan gerakan senam secara bersamaan. “Memang tidak mudah, dan karenanya untuk pemula harus di bawah pengawasan yang ahli,” tutur Minati yang mempekerjakan 8 instruktur body language itu.  

Kendati berirama lamban dan tanpa hentakan, bukan berarti body language tidak mengeluarkan keringat. Bahkan, setelah gerakan yang benar dilakukan tidak lebih dari lima menit, keringat pun sudah bercucuran. Streching (peregangan) sebagai bagian penting dari body language yang maksimal ternyata bisa membakar kalori lebih banyak, yang berfungsi untuk melangsingkan tubuh. Dan untuk wanita, karena latihan ini tanpa melibatkan beban alat, maka diharapkan otot-otot yang dihasilkan pun lebih panjang dan mampu membentuk tubuh yang ideal, tidak ada tonjolan otot yang berkesan maskulin, misalnya.  

Tidak semudah mengatakannya memang, karena untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dari latihan body language, perlu kerja keras. Minati sendiri perlu waktu setahun untuk mempelajari dasar-dasar gerakan body language. Ia mengaku mendapat ilmu tersebut bukan dari Roy Tobing, tapi dari instruktur senam yang bernama Priya – saat ini masih mengajar body language di beberapa tempat.  

Pada awalnya ia merasa, body language berguna untuk memperbaki sikap tubuh, dan lebih jauh bisa membentuk tubuh yang ideal sesuai dengan struktur anatomi tubuh. “Makanya saya nggak bosan, saya tekuni tekuni terus hingga mahir dan bisa menjadi instruktur,” ungkapnya.  

Jalan hidup yang sama juga dijalani Liza Nataliasari. Semula ia ikut latihan body language yang diasuh Minati, dan keranjingan. Setelah itu, setelah cukup menguasai ia pun menjadi instruktur di Klub Relasi yang berlokasi di Jl. Panjang 333, Kebun Jeruk, Jakarta.  

Icha, demikian panggilan akrabnya, memang bisa cepat menyerap gerakan-gerakan body language lantaran sejak sejak belia ia doyan tari. Sempat belajar seni tari di IKJ selama beberapa semester, kemudian belajar balet di Sumber Cipta pimpinan Farida Feisol, serta pernah menjadi penari profesional di Acan Studio dan MCM Production. “Jadi, berbekal pengalaman, serta ditambah belajar secara otodidak itulah, saya memberanikan diri untuk menjadi instruktur,” katanya wanita bertinggi-berat 167/50 itu.  

Menurut Icha, body language tidak lain adalah gerakan senam kombinasi. Di situ ada gerakan aerobik low impact, gerakan tari, senam seks dan pernapasan. Ia kurang setuju kalau dikatakan bahwa body language itu ciptaan orang Indonesia, karena ia berasal dari AS. “Itu kan gerakan pemanasan yang dilakukan oleh para penari dan koreografer sebelum naik pentas. Karena gerakan itu bermanfaat bagi kebugaran, maka disebarluaskan secara global,” papar bintang iklan untuk sekitar 20-an produk itu.  

Previous article
Next article

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments

  1. Siang,
    Saya tertarik dgn tulisan anda ttg roy suryo. Boleh saya tahu tempat beliau mengajar?
    Terima kasih sebelumnya atas bantuan bapak.

    Salam
    Ana