Citra Pariwara dalam Pusaran Waktu

Kalau menilik usianya yang ke 17 tahun, bak seorang remaja, maka Citra Pariwara menjadi gambaran betapa banyak harapan yang disandangkan pada dirinya. Sebagai sebuah tradisi, angka ke 17 ini justru dianggap sebagai tradisi yang sudah seharusnya memiliki akar makin kuat. Yang jelas banyak catatan yang bisa dituliskan dari perjalanan sejarah ajang penuh gengsi para pelaku industri periklanan di Indonesia ini.

Gagasan awalnya tentu saja bermula dari sejak Kongres PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) yang ketujuh, pada tahun 1987. Saat itu organisasi yang menghimpun para insan periklanan ini mulai aktif memberikan anugerah, baik kepada tokoh periklanan, maupun kepada tokoh masyarakat yang dinilai telah berjasa bagi industri ini.

Salah satu sarana paling tepat tentu saja melalui program yang diberi nama Citra Pariwara. Ini boleh disebut ajang paling tinggi saat ini, meski belakangan beberapa media, sebutlah media cetak dan stasiun televisi mempunyai acara serupa, dengan basis yang kadang-kadang berbeda – misalnya berdasarkan jumlah pemilih iklan karya tersebut, melalui surat, faksimili, atau bahkan sekarang melalui pesan pendek dari ponsel atau SMS. 

Sejak tahun 1988, Citra Pariwara (CP) merupakan tolak ukur kreativitas dan laju tumbuh kembang industri periklanan nasional. Perjalanan CP hingga 2004 ini mengalami pasang surut, baik dari jumlah iklan yang dikirimkan untuk berlomba, sampai persoalan jenis dan jumlah penghargaan yang diberikan.

Peserta atau disebut dengan entri iklan yang dilombakan memang tidak dibatasi berdasarkan jumlah perusahaan periklanan, sehingga satu perusahaan bisa mengirimkan lebih dari satu entri untuk satu kategori iklan yang diperlombakan. Namun pada awal-awal pelaksanaan CP terlihat partisipasi para pelaku industri iklan tampaknya masih penuh keraguan, sehingga jumlah entrinya relatif sedikit.

Meski secara umum jumlah entri yang mengikuti CP mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, namun tetap saja pelaksanaan CP sendiri tidak berjalan begitu saja mulus. Tercatat acara CP tahun 2000 yang sedianya akan dilangsungkan 24 November 2000, diundurkan sampai awal tahun 2001. Meski demikian dari jumlah entri tahun ini peserta yang mendaftar mencapai 746 peserta, mengalami peningkatan dari tahun 1999 yang hanya diikuti oleh 710 peserta. 

Peningkatan jumlah entri ini seiring dengan makin banyak berdirinya jumlah perusahaan periklanan di Indonesia. Selain itu masyarakat konsumen juga membentuk image secara tidak langsung, bahwa sebuah iklan yang memenangkan CP akan bisa mendongkrak image produk yang diiklan olehnya. 

Tetapi tentu saja asumsi tersebut tidak sepenuhnya tepat, karena dalam kenyataannya ada beberapa iklan pemenang CP yang produknya tetap saja tidak ‘laku’ dipasaran. Seperti kasus iklan rokok Long Beach (dengan tema Pizza Man), yang meski memperoleh penghargaan CP tetapi produknya sendiri tidak sukses di pasar. Bahkan produk rokok PT BAT Indonesia tersebut tidak ada di pasar Indonesia sekarang ini. 

Djokolelono, pemenang Adhi Citra Pariwara perdana pada tahun 1988 dengan karya iklan radio Bimoli versi “Goreng-goreng” juga mengindaikasikan bahwa ada iklan yang menang di Citra Pariwara tetapi tidak terlalu sukses di dunia pemasaran. Padahal, menurut Creatif Director Grey Worldwide ini, iklan yang ideal mestinya selain kreatif, juga menjual. 

Sementara itu di tahun 2002, iklan televisi Gading Raya Driving Range, karya biro Iklan Leo Burnett Kreasindo, yang berhasil menyabet tiga emas, terpaksa harus dicopot gelarnya karena terbukti bahwa iklan tersebut bukanlah iklan televisi melainkan iklan internet. Ini merupakan preseden yang paling buruk, selain tidak ada fairness, tidak kejujuran yang seharusnya menjadi unsur penting dalam sebuah kompetisi.

Previous article
Next article

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments