Final F&B Master Hilton Worldwide

Ada Selada Pengantin dan Kambing Cabai Hijau

Kali ini 5 orang chef Hilton Bandung mengadu ketrampilan memasak bersama rekan kerja sendiri. Meracik sajian pembuka hingga sajian utama. Sambal lado mudo dan selada pengantinpun tampil memikat di tangan mereka.  

F&B Master adalah acara tahunan yang diselenggarakan Hilton Worldwide. Ada 5 cabang hidangan yang akan dilombakan, yaitu culinary, pastry, sommelier, barista, dan mixology. Kali ini, detikFood berkesempatan menghadiri final F&B Master cabang culinary, 12 September 2015.  

Kelima peserta bebas menentukan apa yang mereka masak, dengan tema utama shrimp and lamb (udang dan kambing) di Fresco Restaurant, Hilton Bandung. Setiap peserta dinilai akan diberikan waktu selama dua jam untuk memasak starter atau hidangan pembuka dan main course atau hidangan utama.  

Kali ini, Executive Sous Chef Hilton Bandung Adhi Firdaus, Editor in Chief MALE Magazine & Blogger Burhan Abe, dan Food Blogger Hans Danial yang  menjadi juri. Asep Ramdani, Yovi Nofrizal, Raden Rani Tabrani, Ari Purnarahmawan, dan Sandi Suryana merupakan chef yang berhasil masuk ke dalam 5 besar.  

Pada 15 menit pertama, para peserta terlihat sibuk merebus kaldu, memotong-motong sayur, hingga membuat saus. Salah satu peserta, Ari Purnarahmawan memasak King Prawn Kiwi Salad with Chardonnay Sauce dengan teknik flambe, yaitu teknik memasak dengan api yang menjilat-jilat. Atraksi ini pun menarik perhatian para juri dan para pengunjung hotel. “Teknik ini saya pakai karena hidangan mengandung wine. Dengan teknik seperti ini, rasa winejadi lebih lembut,” jelasnya memberi alasan.

Sedangkan Asep Ramdani meracik Selada Pengantin. Berbeda dengan selada pengantin yang biasa, ia memotong seluruh bahannya berbentuk bulat, menumpuknya, menaruh udang di atasnya, dan mengucuri dengan saus kacang. Hidangan tradisional ini pun jadi lebih memikat!  

Hidangan yang dimasak para peserta kelihatan sangat menggugah. Pada jam pertama, semua peserta rata-rata sudah menyelesaikan menu starter mereka. Yovi Nofrizal memasak Galzed King Prawn, Grilled Tempeh, Exotic Fruits and Java Rujak Dressing, Raden Rani Tabrani membuat Grill Prawn with Risotto Pesto and Garlic Coriander Sauce, dan Sandi Suryana meracik Prawn Coconut Crusted.  

Masuk jam kedua, kelima peserta kini fokus untuk meracik hidangan main course mereka. Ada beberapa hal yang harus mereka perhatikan dalam memasak main course ini, yaitu ketepatan pemilihan menu yang lebih ‘berat’ daripada hidangan starter. Selain itu juga harus membangkitkan nafsu makan sampai tingkat maksimal.  

Para peserta terlihat mengerahkan seluruh tenaga mereka dalam meracik main course ini. Asep Ramdani menyajikan Oven Baked Lamb Loin with Green Chili Crusted, Yovi Nofrizalmembuat Pan of Lamb Rack, Glazed Vegetables, Cinnamon Coulis, and Thyme Juice, Raden Rani Tabrani memasak Oven Baked Roasted Marinated Lamb with Vegetables and Orange Mustard Mint Sauce, Ari Purnarahmawan menyuguhkan Lamb Loin with herbs Crust & Tapenade Sauce, dan Sandi Suryana berhasil membuat Seared Lamb Loin with Strawberries Sauce.  

Setelah melewati tahap penjurian yang meliputi presentasi singkat dari peserta, tanya jawab, hingga mencicipi, juri memutuskan Asep Ramdani sebagai pemenang dari F&B Master of Culinary. Menurut Adhi Firdaus selaku Executive Sous Chef, karya dari Adhi dinilai paling lezat, tampilannya menarik. Kecuali itu tampilan Selada Pengantin dengan tampilan fine diningsangat menarik. Saus kacangnya dibuat dari dari campuran selai kacang, pine nut, dan kacang mede.  

Oven Baked Lamb Loin with Green Chili Crusted atau Kambing Cabai Hijau buatan Asep Ramdani juga istimewa karena menggunakan sambal cabai hijau padang. Nantinya, Asep Ramdani akan mewakili Indonesia di tingkat Asia. Selamat untuk pemenang dan selamat berjuang kembali! (by Tania Natalin Simanjuntak – detikFood)

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments