The Awesome Samosir Island!

Jika ada ungkapan “Bali diciptakan Tuhan ketika sedang tersenyum”, hal serupa juga berlaku untuk Pulau Samosir.  Pulau ini sungguh menawarkan dimensi pemandangan fenomenal bagi kedua bola mata manusia.

Pulau samosir terletak di tengah-tengah Danau Toba dan memiliki sisi historikal menakjubkan. Siapa yang tidak kenal dengan Danau Toba, yang merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan sangat terkenal dengan Legendanya. Danau Toba merupakan danau vulkanik yaitu terbentuk dari letusan gunung merapi.  

Pesona Samosir sebagai daerah tujuan wisata tak diragukan lagi, khususnya bagi wisatawan asing yang umumnya sedang berbulan madu. Samosir memiliki daerah-daerah potensi wisata yang berbasis pemandangan alam, wisata spiritual, wisata budaya, dan perairan Danau Toba. Obyek Wisata ini tersebar di berbagai wilayah Kecamatan.  

Daerah Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Untuk menjangkau lokasi ini, akses wisatawan bisa via dermaga Ajibata (Parapat) ke dermaga Tomok (Samosir). Dermaga tersebut adalah melayani ferry pengangkut kendaraan. Sementara dermaga kapal penumpang non-kendaraan bisa melalui dermaga Tiga Raja dan diantar ke dermaga di hotel tempat menginap. Yup, hampir semua resor atau hotel di Tuktuk memiliki dermaga untuk bersandar kapal penumpang.  

Carnival

Wisata Arsitektur & Suara Emas

Bola mata ini seakan dimanjakan dengan indahnya arsitektur Tuhan yang menakjubkan. Pegunungan dan perairan danau yang indah sungguh perpaduan fenomenal dan mengingatkan manusia akan kebesaran-Nya. Sementara itu, racikan cuaca yang sempurna menyapa kulit menjadikan Samosir sebagai magnet tersendiri bagi wisatawan.  

Makam Raja Sidbutar

Sementara itu, arsitektur bangunan khas Batak juga menampilkan dimensi tersendiri. Mulai dari rumah tinggal, rumah ibadah, hingga makam sekali pun. Bagi orang Batak, rumah memang lebih dari sekadar tempat tinggal, tapi juga bangunan yang dirancang penuh filosofi. Rumah tak sekadar tempat berteduh, melainkan cerminan dari konteks sosial budaya dan status sosial di masyarakat. Begitu pula dengan makam sebagai tempat peristirahatan terakhir. Banyak dari makam yang arsitektur bangunannya lebih mewah dari rumah tinggal.  

Salah satu makam tua yang berada di Tomok, Kecamatan Simanindo adalah makam Raja Ompu Tolu Sidabutar yang diyakini telah berusia lebih dari 350 tahun. Menurut cerita penduduk lokal, sang raja telah mempersiapkan makamnya pada waktu masih hidup. Kala itu, ia memanggil tukang pahat yang ada di pulau Samosir. Pembuatan makam dimulai dengan upacara khusus. Setelah itu makam pun dibuat dengan petunjuk Raja Sidabutar. Pada kompleks makam tersebut dibuat makam Raja dan permaisurinya, Boru Damanik.  

Potret budaya Batak masa lalu bisa dinikmati dari Museum Batak yang tersebar di beberapa lokasi di Samosir. Salah satunya di daerah Tomok yang bentuk bangunannya merupakan rumah adat dengan arsitektur khas orisinil gaya Batak. Jika memasuki rumah, kita harus membungkuk yang melambangkan sikap hormat kita sebagai tamu kepada sang tuan rumah. Di dalamnya dipamerkan aneka peralatan rumah tangga dan pernak-pernik kuno peninggalan nenek moyang yang usianya mencapai ratusan tahun.  

Hal yang paling unik di Tanah Batak adalah suara emas masyarakat lokal. Bisa dikatakan “everyone was born to sing!”. Pernyataan ini memang seolah berlebihan, namun inilah yang dirasakan ketika Anda memasuki sebuah pub atau kafe setempat. Sebut saja Roy Pub yang berada di kawasan Tuktuk Siadong.  

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments