Vodkapedia

MESKI tidak berwarna, rasa masing-masing jenis atau merek tidak sama – ada yang plain tapi ada yang fruty. Ada yang lembut, ada yang langsung ‘nendang’. Di sinilah preferensi masing-masing personal berbeda, mereka memilih vodka dengan cita rasa yang sesuai dengan selera.

Tidak hanya wine, minum spirit juga ada seninya. Kita sering melihat di klub orang menenggak tequila dalam gelas kecil dengan sekali tenggak, apa enaknya? Atau minum whiskey yang bergelas-gelas? Yang ada hanya efeknya, mabuk!

Minuman beralkohol itu pada dasarnya terbagi menjadi tiga besar: bir, wine, dan spirit. Yang disebut terakhir ini minuman beralkohol yang diperoleh dengan proses penyulingan – setelah melalui proses fermentasi tentu. Di antara jenis minuman yang lain, kadar alkohol pada spirit tergolong paling tinggi (sekitar 40%), sebutlah whiskey, vodka, gin, rum, tequila, bitter, cognac atau brandy, dan lain-lain.

Vodka berasal dari bahasa Rusia yang artinya adalah air. Vodka datang dari bagian budaya negara Rusia yang berupa minuman beralkohol dengan kadar etanol sangat tinggi sebesar 35% sampai 60% dengan ciri bening, tidak berwarna. Polandia mengklaim bahwa vodka pertama kali diproduksi pada tahun 1405 dan waktu itu dikonsumsi oleh penduduk Eropa Timur sebagai cara untuk memerangi udara dingin. 

Saat ini mungkin tdiak relevan lagi menyebut negara tempat vodka diproduksi, karena sudah menjadi minuman massal yang mendunia dan diproduksi secara global. Mereknya pun sangat banyak, sebutlah Absolut Vodka, Finlandia, Vodka RUS, Reyka, Ciroc, Fris, Belvedere, Effen, Pearl, Ultimat, Akvinta, Grey Goose, Iceberg, Sobieski, Svedk, 42 Below, Jewel of Russia, White Diamond, Ketel One, Orzel, U’Luvka, Luksusowa, Stolichnaya, Vox, dan seterusnya. 

Jika yang dicari hanya sensasi pusingnya, minum spirit dengan cara apa pun dan gaya apa pun, memang sah-sah saja. Tapi untuk menikmati secara benar, ternyata ada seninya. Beberapa waktu yang lalu saya ikut ‘kelas vodka’ yang dihadiri para bartender seluruh Jakarta di Hotel Intercontinental, disponsori oleh merek terkenal Absolut Vodka. 

Yup, minuman ini sangat terkait erat dengan gaya hidup. Vodka sudah pasti fungsinya bukan sekadar untuk pelepas dahaga, tapi ada seni dan tradisi yang meracik – sebagai campuran cocktail, maupun menyajikannya. Sehingga, minuman vodka bukan sekadar rasanya yang unik, namun juga proses dan tampilan yang menarik. 

Untuk itu, untuk ketiga kalinya, kembali diadakan Indonesia Finlandia Vodka Cup yang melombakan kepiawaian para bartender meracik minuman yang berlangsung di Musro, Hotel Borobudur Jakarta, 2 Desember 2010.

Meski Indonesia baru mengikuti kompetisi meracik minuman bertaraf internasional untuk yang ketiga kalinya, namun pihak Brown-Forman selaku perusahaan yang memasarkan Finlandia Vodka merasa yakin, bartender Indonesia mampu bersaing dengan bartender dari sekitar 30 negara yang akan berkumpul di Finlandia. 

“Kami optimis pemenang yang nantinya akan mewakili Indonesia dapat memberikan kemampuan terbaik mereka di hadapan para bartender dari seluruh dunia. Sejauh ini kami melihat bahwa Indonesia memiliki potensi peracik minuman berbakat yang mengerti seni meracik minuman dengan menggunakan bahan dasar alami dan segar. Bakat inilah yang harus terus diasah melalui ajang kompetisi seperti Indonesia Finlandia Vodka Cup yang rutin kami gelar setiap tahunnya sejak 2008,” ujar Vincent Pantow selaku Market Manager West Indonesia, Brown-Forman Indonesia. 

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments