Vodkapedia

Selain menggelar ajang kompetisi meracik minuman bagi bartender Indonesia, Finlandia Vodka juga memiliki kepedulian untuk memberikan edukasi mengenai mixology (ilmu meracik minuman) yang baik dan benar kepada bartender Indonesia melalui kegiatan Finlandia Finnishing School yang menjadi salah satu kegiatan penunjang ajang kompetisi ini. 

Pada kegiatan yang berlangsung sehari jelang kompetisi tersebut, Finlandia Vodka membuka kesempatan kepada para bartender untuk membuka wawasan mereka tentang minuman vodka sekaligus mempromosikan pekerjaan bartending sebagai pekerjaan yang menarik dan terhormat. 

Materi pelatihan seputar mixology yang disampaikan oleh Brand Ambassador Finlandia Vodka; Pekka Pellinen dan Markku Raittinen mencakup: 1) Taste training, mencakup sejarah vodka, sejarah Finlandia, pelajaran membangun semangat cita rasa, produksi vodka secara umum dan sebagainya), dan 2) Mixology training, mencakup sejarah cocktails dan bartending, teknik bartending, bagaimana membuat racikan cocktails Finlandia yang sempurna, tips dan keahlian mixology, ide-ide penyajian, teknik pemasaran dan sebagainya. 

Mengingat vodka merupakan merek minuman berakohol tinggi, maka dalam setiap kegiatan yang dilakukan Brown-Forman Indonesia, selalu mendengungkan tiga pesan tanggung jawab sosial, yaitu ‘Don’t Cross the Line, Serve Responsibly’, ‘Don’t Waste Your Talent, Serve Responsibly’ dan ‘Your Role is Clear, Serve Responsibly’. ”Hal ini merupakan pedoman tanggung jawab agar bartender dalam menjalankan pekerjaannya tetap mengacu pada aturan yang ada,” tukas Vincent. 

Dalam Indonesia Finlandia Vodka Cup 2010 dewan juri terbagi menjadi dua yaitu Penalty Judge yang terdiri dari bartender profesional Indonesia dari Jakarta Bartender Clubs dan Blind Judge terdiri dari Markku Raittinen dan Pekka Pellinen (keduanya adalah Brand Ambassador Finlandia Vodka) dan sporangi bartender senior Indonesia. 

Photo by Jacalyn Beales on Unsplash

Markku telah dikenal secara luas sebagai juara dunia pada Coctails Olympic di Toronto, Kanada tahun 1992 dan memiliki pengalaman bartender dari hotel-hotel, restoran dan cruise line terkemuka di dunia. Ia dikenal sebagai ‘vodkapedia’. Ia telah bepergian ke beberapa negara untuk melatih bartender bagaimana caranya membuat minuman cocktail yang menawan berbahan dasar vodka premium. Sementara Pekka Pellinen adalah juara Finlandia Vodka Cup dunia dan memiliki tanggung jawab mengelola dan menjalankan strategi pemasaran dan program pencitraan brand termasuk kegiatan Finlandia Vodka Cup. Pekka juga merupakan seorang sosok ‘drinkapedia’. 

Sementara juara Indonesia Finlandia Vodka Cup 2009, Mastur Camino yang bekerja sebagai bartender profesional di Gaudi Bar & Lounge, Hotel Gran Melia merasa tertantang untuk berpartisipasi kembali di kompetisi tahun ini. 

“Banyak sekali pengalaman dan pengetahuan yang saya dapat dengan mengikuti kompetisi Finlandia Vodka Cup ini. Terlebih ketika saya berkesempatan mewakili Indonesia di ajang internasional di Finlandia beberapa waktu lalu. Rasanya pengalaman itu yang ingin saya dapatkan kembali, tetapi kali ini saya harus berjuang lebih keras agar dapat mewujudkan keinginan menjadi juara di The 13th International Finlandia Vodka Cup. Juga, saya harus bersaing dengan rekan-rekan bartender di Indonesia Finlandia Vodka Cup 2010,” ujar Mastur antusias. (Burhan Abe)

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments