Dining Experience with SQ

Dining experience in SIA is exquisite, elegant, and exclusive….

Singapura bukan negara yang asing, tapi tetap saja undangan untuk menghadiri event dari negeri tetangga tersebut selalu menarik perhatian. Pengundangnya adalah Singapore Airlines (SIA), acaranya bertajuk Singapore Airlines World Gourmet Forum, 8 – 10 Juli lalu.

Acara itu sebatulnya bagian dari peluncuran sebuah buku kuliner yang diterbitkan SIA, Above and Beyond: A Collection of Recipes from the Singapore Airlines International Culinary Panel, yang dikemas dalam sebuah acara gala dinner.

Perlakukan kepada undangan media agak sedikit berbeda. Selain mendapat kesempatan mengikuti wine dinner tersebut, sebelumnya mendapat kesempatan menengok dapur yang menyediakan makanan bagi penumpang SQ. Saya satu-satunya wartawan Indonesia yang diundang, selebihnya adalah 18 wartawan lainnya yang datang dari berbagai negara. Patut dicatat, separuh dari wartawan tersebut adalah freelancer atau bergagung dengan sindikat – seperti yang saya lakukan saat ini.

Siapa yang tidak ingin tahu rahasia SIA, yang sampai saat dikenal sebagai maskapai dengan pelayanan terbaik di dunia, bagaimana menyajikan menu-menu terbaiknya kepada para penumpang. Buku tersebut berisi 50 delectable recipes, yang dipersembahkan oleh sepuluh chef kelas global, yang bisa biasa berkreasi dengan menu-menu andalannya. Mereka adalah Georges Blanc (Prancis), Sanjeev Kapoor (India), Sam Leong (Singapura), Matt Moran (Australia), Yoshihiro Murata (Jepang), Alfred Portale (USA), Gordon Ramsay (Inggris), Zhu Jun (China), Nancy Oakes (USA), dan Yeung Koon Yat (Hong Kong).

Cookbook yang dikemas mewah itu memang bukan sekadar buku, tapi merupakan sumbangan SIA untuk masyarakat. Peluncurannya yang dikemas mewah diadakan di Shangri-La Hotel, Singapura, 9 Juli 2010. Hasil penjualan buku, dan beberapa barang lelang, yang terkumpul S$1,418 juta, semuanya disumbangkan untuk organisasi nirlaba Singapore’s Community Chest, yang merupakan bagian dari Straits Times Pocket Money Fund dan Business Times Budding Artists Fund.

Setelah peluncuran yang dihadiri oleh Presiden Singapura Nathan dan Mrs. Nathan, buku tersebut dijual juga di toko-toko buku, sebutlah Borders, Times Newslink, Times Travel, juga Relay di Changi Airport, Singapura. Sementara di luar Singapura, orang bisa memesan via pembelian online di krisshop.com, yang jika memesannya sebelum 31 Desember 2010 akan terbebas dari ongkos kirim (disponsori UPS), atau di katalog KrisShop yag ada di SQ.

Penerbitan buku tersebut, demikian Yap Kim Wah, Senior Vice President Product & Services SIA, bukanlah bagian dari bisnis SIA, tapi merupakan SIA untuk masyarakat. “Penumpang yang biasanya terbang bersama SQ, dan mendapatkan pelayanan F&B ala SQ, dapat mencobanya di rumah,” ujar Yap yang juga Chairman of Tradewinds Tours & Travel, a Board Member of the Singapore Land Authority, a Board Director of Virgin Holidays and a Member of the Quality Service Advisory Committee chaired by the Minister State for Trade and Industry.

Menurut Yap, SIA sampai saat ini memang dikenal sebagai maskapai yang mempertahankan kualitas pelayanannya. Tidak sia-sia, nyaris setiap bulan selalu ada lembaga yang memberikan award kepada ikon Singapura ini.

Memang, tidak bisa dimungkiri, dengan maraknya penerbangan model low cost carrier (LCC) yang bertiket murah, sedikit banyak ikut mengganggu pasar penerbangan berservis. Tapi untuk itu Grup SIA sudah lama menyiapkan ‘second brand’nya, SilkAir dan Tiger, sedangkan untuk SQ (sebutan lain untuk SIA) tetap mempertahankan layanan nomer satu. “Constantly redefine the travel experience and continue the pace of innovation that is a hallmark of SIA,” ujar Yap yang bergabung dengan SIA sejak 1975.

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments