Berpusing-pusing ke Negeri Jiran

Putrajaya, Kota Pintar, Kota Taman

Kuala Lumpur memang menjadi titik awal perjalanan ke Malaysia. Tapi jangan lupa area sekitarnya menawarkan pengalaman yang menarik. Selain Sunway yag disebut di atas, Putrajaya – 30 km dari Kuala Lumpur, adalah tujuan wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Wilayah ini merupakan federal territory (wilayah persekutuan) Malaysia yang ketiga, setelah Kuala Lumpur dan Labuan. Di sinilah pusat kegiatan pemerintahan Malaysia dipusatkan, mirip Australia yang mempunyai Canberra. Inilah proyek ambisius mantan PM Mahathir Mohamad yang konon menghabiskan lebih 6 miliar dolar AS. Master plan Putrajaya sebetulnya sudah dimulai sejak 1993 dan saat ini hampir sebagian besar kantor pemerintahan Malaysia sudah berhasil hijrah ke “kota baru” ini.

Putrajaya bukan sembarang kota baru, tapi dengan konsep arsitektur yang cantik dan menarik. Seluruh gedung perkantoran di Putrajaya dibangun dengan gaya arsitektur negara-negara Islam, gedung-gedungnya modern tapi ada sentuhan eksotik Timur Tengah.

Area utama di Putrajaya dibagi dalam bentuk precint-precint (jalan dalam istilah Prancis) dan dijadikan kantor-kantor pemerintahan, kantor-kantor komersial, kediaman, dan fasilitas rekreasi.

Putrajaya merupakan paduan dua konsep kota pintar dan kota taman, 38 persen areanya dijadikan taman, danau, dan kawasan lembah. Tersedia pula akses menuju kawasan yang asri itu sehingga pengunjung bisa mengenal keberagaman flora dan fauna negara tropis. Terdapat 12 taman, di antaranya Taman Wetland yang merupakan taman dengan danau buatan yang besar di tengah-tengahnya. Lalu ada taman anggrek dan juga mesjid besar yang megah di pinggir danau tersebut. Anda juga harus melihat kantor perdana menterinya yang megah dan indah, yang disebut Seri Perdana.

Di Putrajaya ada tur dengan menggunakan perahu tradisional maupun kapal cruise. Kami kebetulan mendapatkan kesempatan untuk naik Cruise Tasik yang membawa berkeliling di danau tersebut, melewati jembatan-jembatan yang indah, serta melihat sebagian besar kantor pemerintahan di Putrajaya. 

Jembatan-jembatan yang ada di danaubu atan tersebut, ada 8 buah, banyak mendapat perhatian pengunjung. Maklum, bentuknya menyerupai jembatan-jembatan legendaris yang ada di dunia: mulai dari yang berarsitektur Islam seperti jembatan khasju di Iran, jembatan bergaya arsitektur Islam Moorish, hingga yang menyerupai Pont Alexandre di Paris.

Fun City Above The Clouds

Berpusing-pusing ke Malaysia kurang afdol kalau tidak berkunjung ke Genting Highlands. Inilah kawasan di dataran tinggi, mirip Puncak atau Lembang, yang merupakan merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di dunia.

Barada di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut – merupakan puncak gunung dari pegunungan Titiwangsa di Malaysia, Genting Highland berlokasi di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor, tempat ini dapat dicapai dengan satu jam berkendara roda empat dari Kuala Lumpur atau melalui cable car (kereta gantung) Genting Skyway yang saat ini merupakan yang tercepat di dunia dan terpanjang di Asia Tenggara. 

Genting Highlands didirikan pada awal 1960-an oleh Lim Goh Tong, imigran asal dari Fujian, Cina, yang kemudian berkewarganegaraan Malaysia tentu saja. Dikenal sebagai Las Vegas-nya Malaysia, tempat ini merupakan satu-satunya tempat berjudi yang legal di Malaysia serta dioperasikan oleh Resorts World Bhd, anak perusahaan Genting Group. Resor ini juga memiliki beberapa hotel yaitu Hotel Genting, Hotel Highlands, Hotel Resort, Hotel Theme Park, Awana Genting, dan Hotel First World. Hotel First World memiliki 6.118 kamar, menjadikannya hotel kedua terbesar di dunia saat ini. 

Related Stories

spot_img

Discover

Pembukaan Kembali Sea Grain Restaurant & Bar

Restoran ini menyajikan pengalaman baru dengan hidangan fusion yang lezat DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro mengumumkan pembukaan Sea...

Culinary Wonders of Indonesia

Chef William Wongso Presents Culinary Wonders of Indonesia at The Residence Bintan and Sheraton Towers...

Jelajahi Indahnya Indonesia dengan Complimentary Credits di Hyatt Hotels &...

Traveler kini dapat memaksimalkan liburan mereka di Indonesia dengn Hotel Credit Offer yang diluncurkan oleh...

Live Well, Travel Well

Banyan Tree Group Celebrates Anniversary with Inaugural “Live Well, Travel Well” Campaign Banyan Tree Group, one...

6 Alasan Mengapa Harus Punya Website

Bagi siapapun, terutama yang memiliki bisnis, memiliki website adalah wajib. Mengapa?  Sekarang ini hampir semua...

Tampil di Media Besar? Ini Rahasianya

Salah satu cara yang efektif mempromosikan bisnis adalah dengan tampil di media besar, baik...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here