Menangguk Rezeki dari Pesta Perkawinan

Sejumlah artis papan atas ikut meramaikan pesta tersebut. Vina Panduwinata, Christopher Abimanyu, Memes, dan Mike Indonesian Idol bergantian menyuguhkan penampilannya di atas pentas. Semua diiringi puluhan musisi yang tergabung dalam Twilight Orchestra. Pesta perkawinan yang antara lain memakai adat Lampung itu konon menghabiskan Rp 10 miliar.

Tapi itu baru tahap awal. Sebab pesta kemudian berlanjut secara lebih eksklusif di Le Meridien, Nirwana Resort, Bali, 12 Agustus lalu. Kali ini, resepsi pernikahan antara Adinda dan Seng-Hoo Ong, seorang manajer keuangan, putra dari salah satu keluarga terkaya di Singapura itu berlangsung tertutup. Artinya, pers dilarang masuk, dan para tamu pun harus rela di-screening terlebih dahulu ponsel mereka. Ponsel tidak boleh dibawa masuk ke venue, kamera apalagi.

Semua ini dilakukan, karena keluarga Bakrie tak ingin ekspos yang berlebihan di media seperti yang terjadi di Hotel Mulia Jakarta sebelumnya. Apalagi, pesta resepsi yang kedua tersebut tak kalah hebohnya, baik dari segi kemegahannya maupun besaran bujetnya tentu saja.

Pesta tersebut memakai jasa organizer top asal Amerika, Preston Bailey, yang biaya konsultasinya saja dihargai Rp 3 miliar. Sementara untuk merealisasikan ide Bailey perlu melibatkan empat WO papan atas Indonesia – untuk urusan tamu-tamu VIP. 

Tidak terungkap berapa biaya pesta yang menghadirkan 350-an tamu itu. Apalagi, yang terlibat dalam hajatan tersebut dilarang (dengan pernyataan tertulis di atas materei) membuka rahasia, termasuk membocorkan biayanya tentu saja.

Tapi yang jelas, resepsi tersebut dirancang sangat serius dan teliti. Untuk dekornya saja sudah disiapkan dua minggu sebelumnya, karena setiap detilnya tidak boleh ada yang salah. 

Untuk suguhan hiburannya tidak kalah dengan resepsi sebelumnya di Jakarta. Sebab, artis-artis yang ditanggap tergolong kelas berat, yakni Tiga Diva (yang terdiri dari trio penyanyi papan atas; Kris Dayanti, Titi DJ, dan Ruth Sahanaya), Mike Idol, dan Anggun C. Sasmi yang konon dibayar Rp 600 juta!

Photo by Jen Theodore on Unsplash

Hi-End Party

Yang terang, pesta pernikahan berbiaya tinggi bukan monopoli Adinda Bakrie. Di Bali sendiri sudah tidak terhitung, baik dari kalangan selebriti Indonesia maupun dunia, yang menyelenggarakan resepsi perkawinan mewah. Demikian pula di Jakarta, wedding party untuk kategori hi-end mulai menjadi tren di kalangan kaum berduit.

Paling tidak itulah yang terjadi pada sesepsi pernikahan Prajna Murdaya (32), putra dari pasangan pengusaha Murdaya Widyawimarta Poo – Hartati Murdaya, orang terkaya di Indonesia ke 13 versi Forbes dan Irene Tedja (32), putri pasangan Alexander Tedja-Melinda Tedja (pemilik Pakuwon Group), orang terkaya ke 40 di Indonesia versi Globe Asia, April lalu. Pesta pernikahan bagi kalangan atas bukan lagi sekadar acara pernikahan biasa, tapi sudah menjadi ritus pencitraan baru. 

Ya, pencitraan yang berujung pada tumbuhnya bisnis penyelenggaraan pernikahan. Pemain dalam bisnis ini memang mulai banyak bermunculan, salah satunya Engelbertus Emil Eryanto, atau yang biasa disapa Emil, yang dikenal sebagai WO pernikahan kelas atas.

“Sebenarnya karena awalnya menangani pernikahan yang lumayan besar dan terus menerus diikuti oleh acara dengan tingkat yang sama, maka saya banyak dikenal sebagai WO untuk kelas atas,” jelasnya. 

Berbekal pengalaman di dunia modeling dan MC, Emil memberanikan diri untuk membentuk usaha event organizer (EO) dan WO bernama Multi Kreasi Enterprise (MKE) pada 1998. Sebelum mendirikan MKE, Emil juga bekerja di salah satu EO milik orang lain, tapi melihat potensi yang juga besar di bidang ini, akhirnya ia memutuskan untuk memiliki usaha sendiri. 

Emil dikenal sebagai WO yang memiliki cara kerja yang sistematis dan detail yang baik, tak heran pasangan Prajna Murdaya – Irene Tedja, misalnya, memilihnya untuk menyukseskan acara pernikahan yang digelar di Jakarta International (JI) Expo Pekan Raya Jakarta. 

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments