Location Means Everything

Setelah sempat slow-down dalam beberapa tahun belakangan ini, pasar perkantoran di Jakarta mulai kembali menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Bahkan dalam 1-2 tahun ke depan, demikian analisis Jones Lang LaSalle Indonesia, pasar perkantoran akan menjadi ‘primadona’ di pasar properti Jakarta, selama kondisi makro ekonomi dan stabilitas politik mampu dipertahankan.

Sinyal tanda-tanda bergairahnya pasar perkantoran itu setidaknya bisa dilihat pada peningkatan penyerapan bersih (net take-up) ruang perkantoran di Jakarta selama kuartal ketiga tahun 2007, yakni sebanyak 13.700 m2 atau meningkat 23% dibandingkan kuartal sebelumnya

Memang pengelompokan kantor berdasarkan jenis usahanya tidak terjadi secara langsung. Tapi tidak bisa dimungkiri perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai positioning tinggi memilih gedung perkantoran yang prestisius pula, yang secara tidak langsung membuat pengelompokan dengan sendirinya. Penyewa utama di kawasan CDB masih didominasi banking, trading, business and financial services, dan perusahaan pertambangan.

Photo by Alexander Pemberton on Unsplash

Perusahaan-perusahaan jasa yang berkaitan dengan pasar modal, di mana lagi kalau bukan di Gedung Bursa Efek Indonesia. Di Sudirman Central Business District (SCBD) setidaknya ada dua jenis usaha yang berada di atap yang sama, elektronik di Jakarta Electronic Centre dan mobil mewah di Automall.

Sementara itu, perusahaan minyak, consumer goods dan engineering kini memilih lokasi di Jakarta Selatan — terutama di sepanjang Jl. TB Simatupang karena dekat dengan jalan tol — sebagai lokasi kantor barunya. So, tetap saja, kalau tidak mau ambil risiko, jangan salah pilih lokasi kantor. (Burhan Abe)

Related Stories

spot_img

Discover

Pembukaan Kembali Sea Grain Restaurant & Bar

Restoran ini menyajikan pengalaman baru dengan hidangan fusion yang lezat DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro mengumumkan pembukaan Sea...

Culinary Wonders of Indonesia

Chef William Wongso Presents Culinary Wonders of Indonesia at The Residence Bintan and Sheraton Towers...

Jelajahi Indahnya Indonesia dengan Complimentary Credits di Hyatt Hotels &...

Traveler kini dapat memaksimalkan liburan mereka di Indonesia dengn Hotel Credit Offer yang diluncurkan oleh...

Live Well, Travel Well

Banyan Tree Group Celebrates Anniversary with Inaugural “Live Well, Travel Well” Campaign Banyan Tree Group, one...

6 Alasan Mengapa Harus Punya Website

Bagi siapapun, terutama yang memiliki bisnis, memiliki website adalah wajib. Mengapa?  Sekarang ini hampir semua...

Tampil di Media Besar? Ini Rahasianya

Salah satu cara yang efektif mempromosikan bisnis adalah dengan tampil di media besar, baik...

Popular Categories

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here