Location Means Everything

Setelah sempat slow-down dalam beberapa tahun belakangan ini, pasar perkantoran di Jakarta mulai kembali menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Bahkan dalam 1-2 tahun ke depan, demikian analisis Jones Lang LaSalle Indonesia, pasar perkantoran akan menjadi ‘primadona’ di pasar properti Jakarta, selama kondisi makro ekonomi dan stabilitas politik mampu dipertahankan.

Sinyal tanda-tanda bergairahnya pasar perkantoran itu setidaknya bisa dilihat pada peningkatan penyerapan bersih (net take-up) ruang perkantoran di Jakarta selama kuartal ketiga tahun 2007, yakni sebanyak 13.700 m2 atau meningkat 23% dibandingkan kuartal sebelumnya

Memang pengelompokan kantor berdasarkan jenis usahanya tidak terjadi secara langsung. Tapi tidak bisa dimungkiri perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai positioning tinggi memilih gedung perkantoran yang prestisius pula, yang secara tidak langsung membuat pengelompokan dengan sendirinya. Penyewa utama di kawasan CDB masih didominasi banking, trading, business and financial services, dan perusahaan pertambangan.

Photo by Alexander Pemberton on Unsplash

Perusahaan-perusahaan jasa yang berkaitan dengan pasar modal, di mana lagi kalau bukan di Gedung Bursa Efek Indonesia. Di Sudirman Central Business District (SCBD) setidaknya ada dua jenis usaha yang berada di atap yang sama, elektronik di Jakarta Electronic Centre dan mobil mewah di Automall.

Sementara itu, perusahaan minyak, consumer goods dan engineering kini memilih lokasi di Jakarta Selatan — terutama di sepanjang Jl. TB Simatupang karena dekat dengan jalan tol — sebagai lokasi kantor barunya. So, tetap saja, kalau tidak mau ambil risiko, jangan salah pilih lokasi kantor. (Burhan Abe)

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments