Menguja Rasa, Meramu Nikmat

Pexels

Selain itu, ada juga alat yang disebut hot pump, fungsinya seperti whirlpool, namun memiliki kelebihan mampu menjaga kestabilan suhu air dalam bathtub lebih lama. Ini pun dianggap sebagai aksesoris.

Aditya menambahkan, fasilitas spa umumnya terdiri dari whirpool, steam, sauna, dan shower. Kemudian juga ada yang ruang berendam yang sudah dicampur dengan bunga atau ramuan tradisional. Ada juga yang mengunakan arus air untuk pijatan. Kolam dibuat sedemikian rupa sehingga di dalam kolam tersebut mengalir arus yang kuat, dan yang berencam dibuat seperti mengarungi arus tersebut (aqua medic).

Memang sesuai namanya, spa adalah treatment yang dilakukan dengan air. Sesuai dengan perkembangannya, tradisi asal Eropa itu kemudian dikombinasikan dengan treatment-treatment tradisional setempat.

Kebanyakan itu berasal dari negara-negara Asia seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Dari Eropa juga dipakai, tapi treatment-nya lebih banyak hanya dengan air, kemudian dengan pengobatan, psikologis, dan pijat. Yang digunakan di Indonesia adalah gabungan terapi air dan treatment-treatment seperti pijat tradisional, luluran, foot reflexoloy, serta pijat aromatherapy.

Aromatherapy adalah salah satu treatment yang banyak disukai orang. Ada yang menggunakan wewangian untuk merangsang syarat kita untuk memberikan hasil sesuai yang kita inginkan. “Kalau kita lelah, biasanya kita gunakan wewangin dari mawar sehingga kita bisa merasa segar kembali,” ujar Aditya, arsitek lulusan Jerman itu.

Wewangian, katanya, ada yang dibakar, dicampur dalam air panas, dan uapnya dihirup. Tapi ada juga yang melalui pijatan, seperti dilulur sehingga kita bisa rileks. Selai itu, ada terapi untuk mata. Dalam hal ini desainnya dirancang sedemikian rupa sehingga setiap orang yang masuk atau menjalani spa mata ini menjadi segar. Warna yang biasa digunakan adalah warna putih kekuning-kuningan (gading), atau warna biru. Kemudian juga ada treatment untuk pendengaran.

“Ada musik yang lembut, sehingga pikiran kita pun akan fresh kembali,” katanya.

Yang jelas, semua kenikmatan ber spa itu kini bisa dinikmati di rumah. (Burhan Abe/W Setiawan)

Platinum Society, 2004

Related Stories

spot_img

Discover

Promo Club Med Tengah Tahun Hemat Hingga 40% di...

Club Med mengundang wisatawan untuk datang ke resor-resor cantik mereka di Lijiang, Bali, Bintan, Maldives,...

Loka Rasa oleh Marriott Bonvoy Kembali Hadir Merayakan Kuliner...

Pengalaman Gastronomi Autentik yang Dikurasi oleh Lima Koki dari Portfolio Hotel Marriott International di...

The Purist Villas, Ubud: Tempat Peristirahatan Berseni, Penuh Keberagaman...

Bagi para travelers yang menyukai kebudayaan, resor butik ini menawarkan tempat peristirahatan mewah yang...

Longevity Powered by Nature Retreat with Geshe Yong Dong

Set in the stunning natural beauty of the Utah desert, this summer, Amangiri will...

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Popular Categories

Comments