Menguja Rasa, Meramu Nikmat

Pexels

Selain itu, ada juga alat yang disebut hot pump, fungsinya seperti whirlpool, namun memiliki kelebihan mampu menjaga kestabilan suhu air dalam bathtub lebih lama. Ini pun dianggap sebagai aksesoris.

Aditya menambahkan, fasilitas spa umumnya terdiri dari whirpool, steam, sauna, dan shower. Kemudian juga ada yang ruang berendam yang sudah dicampur dengan bunga atau ramuan tradisional. Ada juga yang mengunakan arus air untuk pijatan. Kolam dibuat sedemikian rupa sehingga di dalam kolam tersebut mengalir arus yang kuat, dan yang berencam dibuat seperti mengarungi arus tersebut (aqua medic).

Memang sesuai namanya, spa adalah treatment yang dilakukan dengan air. Sesuai dengan perkembangannya, tradisi asal Eropa itu kemudian dikombinasikan dengan treatment-treatment tradisional setempat.

Kebanyakan itu berasal dari negara-negara Asia seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Dari Eropa juga dipakai, tapi treatment-nya lebih banyak hanya dengan air, kemudian dengan pengobatan, psikologis, dan pijat. Yang digunakan di Indonesia adalah gabungan terapi air dan treatment-treatment seperti pijat tradisional, luluran, foot reflexoloy, serta pijat aromatherapy.

Aromatherapy adalah salah satu treatment yang banyak disukai orang. Ada yang menggunakan wewangian untuk merangsang syarat kita untuk memberikan hasil sesuai yang kita inginkan. “Kalau kita lelah, biasanya kita gunakan wewangin dari mawar sehingga kita bisa merasa segar kembali,” ujar Aditya, arsitek lulusan Jerman itu.

Wewangian, katanya, ada yang dibakar, dicampur dalam air panas, dan uapnya dihirup. Tapi ada juga yang melalui pijatan, seperti dilulur sehingga kita bisa rileks. Selai itu, ada terapi untuk mata. Dalam hal ini desainnya dirancang sedemikian rupa sehingga setiap orang yang masuk atau menjalani spa mata ini menjadi segar. Warna yang biasa digunakan adalah warna putih kekuning-kuningan (gading), atau warna biru. Kemudian juga ada treatment untuk pendengaran.

“Ada musik yang lembut, sehingga pikiran kita pun akan fresh kembali,” katanya.

Yang jelas, semua kenikmatan ber spa itu kini bisa dinikmati di rumah. (Burhan Abe/W Setiawan)

Platinum Society, 2004

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments