Digital Life Style

Memang, tempat kongko-kongko kini tidak lagi di Passer Baroe, Melawai, atau Taman Ismail Marzuki, yang terlalu kadaluwarsa di era digital seperti saat ini. Meeting points masa kini adalah area yang nyaman, fungsional, sekaligus stylish. Starbucks adalah salah satu contohnya.

Masih ada Lamoda, California Pizza Kitchen, Excelso, Oh Lala, Coffee Club, Kaferoti, Kafe Wien, Tator Boutique Coffee, Alessandro Nannini, Mister Bean Coffee, De’ Excelso, Amadeus Restaurant & Patisserie, Red Ginger, Cafe Wien, Time Break, Warung Pojok, QB, dan Kavana, untuk menyebut beberapa. Semuanya berlokasi di plaza, mal, town square, atau café walk, yang kini menjadi lifestyle centre di Jakarta dan kota-kota besar Indonesia.

La Piazza, misalnya, menurut Cut Meutia, Corporate PR Manager Grup Summarecon, sang pengembang, sejak awal juga dimaksudkan sebagai lifestyle center di Kelapa Gading Jakarta. Nama La Piazza berasal dari bahasa Italia, yang artinya “The Plaza”. La Piazza terdiri bangunan-bangunan yang dirancang bergaya arsitektur avant garde yang sangat unik, yang masing-masing memiliki karakter tersendiri yang berbeda-beda. Hampir semuanya mempunyai fasilitas hotspot.

Piazza, misalnya, adalah area terbuka seluas 5.000 m2 dengan panggung yang memungkinkan untuk berlangsungnya konser musik yang secara berkala diadakan di tempat itu, peragaan busana hingga salsa dance competition.

Alfresco Dining Area, merupakan tempat bagi pengunjung untuk menikmati secangkir cappuccino hangat atau berbagai hidangan internasional di alam terbuka yang sangat nyaman. Mulai dari penataan landskap hingga waterscape yang menghasilkan suara gemericik air, dipadukan dengan sistem pencahayaan yang sangat menarik, diciptakan sedemikian rupa untuk mendukung aktivitas ini.

Sedangkan The Prism, sebuah bangunan unik berbentuk prisma yang seluruhnya berdinding kaca dan tata cahaya yang menarik, menciptakan suatu karya arsitektur yang indah untuk dinikmati. Bangunan ini juga difungsikan sebagai resto-lounge Jepang dan multi function room dengan kapasitas 300 orang.

Menurut Cut Meutia, Kelapa Gading telah menjadi ‘kota di dalam kota’ yang menyediakan seluruh kebutuhan penghuninya. Dengan semakin berkembangnya kawasan ini, maka dirasakan pula dibutuhkan sebuah pusat gaya hidup bagi komunitasnya yang juga merupakan bagian dari komunitas metropolitan di Jakarta. Tren inilah yang sedang berkembang di kota-kota besar di negara-negara maju, yang kini juga sudah mulai merambah ke Jakarta.

Dengan adanya Mal Kelapa Gading, Gading Food City, Apartemen The Summit yang sedang dalam tahap pembangunan dan bahkan nantinya akan dibangun pula hotel, maka La Piazza – yang menelan investasi tak kurang dari Rp 120 miliar itu – akan bersinergi memberikan nilai tambah tersendiri bagi kawasan ini. “Keunikan dan daya tarik La Piazza diharapkan pula dapat menjadi salah satu destinasi alternatif bagi masyarakat Jakarta khususnya, dan turis asing umumnya,” jelasnya.

Photo by Sven on Unsplash

Selain La Piazza, ada Cilandak Town Square (Citos) di Jakarta Selatan, yang merupakan kawasan kafe yang lagi ngetren saat ini. Ada juga eX (entertainment xentre) berarsitektur post modern dengan TV plasma bertebaran di dinding bahkan di lantai, yang dirancang sebagai area hiburan terpadu. Di sini ada sejumlah restoran, kafe, termasuk Hard Rock Cafe dan Fashion Bar, bioskop, fitness centre, serta arena boling.

Di luar Jakarta, Ciwalk di Bandung adalah salah satu meeting point yang paling populer. Menurut Deni Subali, Presdir PT Karya Abadi Samarga, pengembangnya, Ciwalk yang berada di Jl Cihampelas memakai konsep open mall, yang ide dasarnya konon sama dengan salah satu kawasan belanja di Singapura. “Di Bandung sendiri kan nyaman untuk jalan-jalan dengan udaranya yang masih sejuk. Jadi konsepnya terbuka, mal benar-benar menyatu dengan alam,” tegasnya.

Related Stories

spot_img

Discover

Longevity Powered by Nature Retreat with Geshe Yong Dong

Set in the stunning natural beauty of the Utah desert, this summer, Amangiri will...

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Popular Categories

Comments