Bos Perempuan, Siapa Takut?

Bos perempuan yang suka personalized semua persoalan, bahkan cenderung mau tahu urusan pribadi, menurut saya ada sisi positifnya. Bahkan untuk kasus-kasus tertentu malah bisa mengencerkan suasana. Masalah pribadi yang kadang-kadang membuat bete, bahkan berpotensi sebagai sumber stres, di tangan bos perempuan seakan-akan ada salurannya. Bos laki-laki cenderung ‘jaim’ (jaga image), dingin, pantang mengobral cerita pribadi, apalagi berkeluh-kesah. Jangankan tentang pribadi saya (kegiatan saya apa, anak saya berapa, apakah susah masuk usia sekolah atau belum, dan seterusnya), bahkan alamat saya saja petinggi saya yang dulu – yang nota bene laki-laki – belum tentu tahu.

Menghadapi bos perempuan, yang penting ternyata, be positive thinking. Punya bos laki-laki atau bos perempuan, mengutip program Keluarga Berencana, ternyata sama saja. Tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Dengan angle yang berbeda hasilnya juga berbeda, bahkan luar biasa.

Punya bos perempuan, kalau tahu cara memperlakukannya ternyata oke-oke saja. Setidaknya begitulah yang saya apelajari dari John Gray, Ph.D melalui bukunya yang terkenal, Mars and Venus in the Workplace. Saya berkepentingan membaca buku tersebut, demi kepentingan praktis saja. Menurutnya ada lima cara yang mudah untuk bisa “menaklukkan” hati bos perempuan; 1) Sapa dengan akrab, 2) Ingat dengan baik nama suami dan anak-anaknya, 3) Puji penampilan, 4) Tawarkan bantuan, dan 5) Proaktif. Mudah, kan?

Mengingat nama suami dan anak-anak bos apa susahnya. Memuji bos ketika mengenakan busana baru, atau belum pernah dikenakan ke kantor dan amat pas dengan penampilannya, juga ketika bos habis memotong atau mengecat rambutnya , tentu bukan persoalan sulit. Asal tulus dan muncul dari dalam hati. Jika bos kerepotan mengirimkan fax, apa salahnya menawarkan bantuan. Juga, ketika kita terlambat datang karena ban mobil kempes, apa salahnya proaktif dengan memberitahu via SMS, misalnya.

Cuma, yang rada berat bagi saya, seperti yang dianjurkan John Gray, adalah menyapa akrab dan menanyakan hal-hal yang lebih bersifat pribadi, “Kemarin jadi pergi ke Bandung? Sama anak-anak?” Bukan apa-apa, saya tidak selalu mempunyai mood yang baik untuk berbasa-basi, sehingga kalau harus melakukannya juga kesannya seperti “cari muka”.

Untuk berbicara khusus yang lebih mendalam bolehlah. Bahkan ketika bos curhat, saya termasuk pendengar yang baik. Tidak hanya urusan kantor, tapi juga keluh-kesahnya tentang banyak hal. Entah urusan klien yang rewel atau anak-anaknya yang suka berulah. Saya berusaha menanggapi dengan bijaksana, tidak menambah-nambahi apalagi mendramatisasi persoalan. Selebihnya adalah persoalan kantor biasa, persoalan manajemen pada umumnya. Be a professional, siapa pun bosnya. Laki-laki atau perempuan sama saja. (Majalah Her World)

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments