Sensualitas yang Mendebarkan

Tato berasal dari bahasa Tahiti “Tatu” yang artinya tanda, ternyata memiliki sejarah panjang. Dalam khasanah tradisional tato bisa jadi sebuah status sosial, tapi dalam dunia modern – meski sempat mendaoat stigma negatif, tato adalah fashion. Hmm, itukah sebabnya para eksekutif pun ikut-ikutan merajah tubuhnya dengan tato”

Tidak berlebihan memang kalau tato disebut sebagai “penanda”. Sejak 12.000 tahun sebelum Masehi, bahkan hingga sekarang anggapan tersebut masih berlaku. Vanda Jones, 49, wanita asal Inggris adalah salah satu kasusnya. Ibu nyentrik ini kerap lupa akan hari jadi kelima anaknya, sampai akhirnya menemukan ide menarik dengan cara menato tanggal ulang tahun anak-anaknya di bagian lengannya.

Vanda kini tahu persis kapan waktunya membeli hadiah dan kartu ucapan bagi anak-anaknya, Alwen,l8, Grace, 16, Rhian,l4, Lowri, 13, atau si bungsu Vernon yang berusia 12 tahun. “Ketika saya membawa anak-anak ke klinik kesehatan, seringkali saya tak ingat tanggal lahir mereka, jadi saya memutuskan untuk menato tangan saya dengan inisial anak-anak beserta tanggal lahir mereka. Kini semuanya jadi lebih mudah. Saya tinggal melihat lengan saya dan tak akan lupa lagi hari ultah anak-anak,” ujar wanita yang yang tinggat di Penygroes, dekat Caernarfon itu, seperti yang dilansir The Daily Post, Oktober lalu.

Tidak hanya inisial nama anak-anaknya serta tanggal lahir mereka di tangannya, Vanda ternyata jugs menato dadanya dengan gambar naga Welsh serta kalimat “Wedi’i wneud yn Nghymru” (atau Made in Wales).

Vanda memang tidak sendiri, di Tanah Air ada Melanie Subono yang gemar memakai tubuhnya sebagai medium untuk menyimpan kenangan layaknya album foto. Tato-tato yang menempel di tubuhnya mempunyai riwayat sendiri-sendiri. Bagi putri promoter Adrie Subono ini, tato adalah penanda perjalanan hidupnya. “Mulai dari kelahiran, perkawinan, perceraian, semua ada Lambangnya berupa tato,” ujarnya.

Sebuah representasi perjalanan dirinya hingga saat ini, dituangkan dalam wujud sebuah tato kupu-kupu di pergelangan kirinya. Memang, sebagian besar tatonya bergambar kupu-kupu, ada yang juga yang bergambar kunci F, sebagai wujud passion-nya dalam dunia musik.

Kupu-kupu, menurut Melanie, adalah lambang perjuangan hidup. Kupu-kupu adalah keindahan yang bermetamorfosis dari ulat, menjadi kepompong, hingga menjelma menjadi kupu-kupu.

Pilihan gambar sedikit banyak menunjukan jati diri pemilik tato, seperi juga busana yang memiliki kredo “you are what you wear”. Juga jangan heran katau ada orang-orang tertentu yang menuliskan nama kekasihnya dalam bentuk tato di tubuh. Hanya saja, sebetum memutuskan menato tubuh, kesiapan psikis adalah yang paling penting, apalagi kalau kita memilih tato permanen – yang kalau telanjur menempel akan susah dihapus, kalau di kemudian hari ternyata tidak suka.

Memang, dengan berkembangnya seni tato, kini telah ditemukan jenis tinta baru yang lebih aman dipakai dan jauh lebih mudah dihilangkan bila kelak ternyata Anda merasa salah gambar. Sejauh ini belum ada standar keamanan untuk pewarna yang dipakai dalam seni melukis tubuh, bahkan Badan Urusan Makanan dan Obat-Obatan AS (FDA) pun.

Photo by benjamin lehman on Unsplash

Tato biasanya menggunakan bahan-bahan seperti karbon hitam, garam-garam logam, dan bahan lain yang juga dipakai dalam percetakan dan pengecatan mobil. “Padahal logam-logam berat dan bahan beracun yang ada dalam pewarna tersebut bisa masuk ke sistem kelenjar getah bening,” ungkap Martin Schmieg, penemu tinta aman untuk tato.

Presiden perusahaan Freedom-2 di Philadelphia ini kini sedang memperkenalkan serangkaian produk pewarna yang telah disetujui FDA untuk digunakan dalam dunia kosmetik, makanan, obat, dan peranti kedokteran – yang tentunya aman untuk tato.

Related Stories

spot_img

Discover

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Rediscovering Bhutan: New Perspectives on the Last Buddhist Kingdom

Amankora reveals the heart of Bhutan with ever rarer and more awe-inspiring cultural experiences...

Popular Categories

Comments

  1. We stumbled over here from a different web page and thought I might check things out.
    Distributor Resmi Produk Green World Indonesia We’ve always promised to protect the things that are the most important to them: their assets, their peace of mind and even their dreams, La sélection alternative de la semaine #23″ : en français, le symbole pour « numéro » est « N° ». Pourquoi ne pas l’utiliser, au lieu du croisillon anglosaxon ?
    C’est trop moche ? we i me andriana

Comments are closed.