Thursday, September 27, 2007

Mobil-Mobil Mewah di Catwalk Jakarta


Mobil-mobil mewah makin banyak berseliweran di jalanan Jakarta. Mulai dari bentuk fisiknya yang menarik, teknologi yang makin dapat di andalkan, hingga kenayaman maksimal bagi pengendaranya. Siapa saja pemiliknya? (Burhanuddin Abe)

Mobil-mobil mewah, apa pun mereknya, dengan mudah bisa kita jumpai di Jakarta. Sebutlah BMW, Audi, Volvo, Bentley, Mercedes Benz, Jaguar, Porsche, bahkan Rolls-Royce. Paling tidak, bintang-bintang kendaraan kelas dunia itu hadir di Gaikindo Auto Expo XIII yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), 8-17 Juli lalu.

Lihat saja, Porsche melalui agen tunggal pemegang merek (ATPM)-nya di sini, PT Eurokars, menyuguhkan koleksi sedan mewah 911 Carrera S yang harganya, mencapai Rp2,3 miliar per unit. Mobil berbodi ramping, bahkan terkesan imut, ini memiliki 6 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 355 bhp dengan torsi maksimum 400 nm. Sementara Porsche Boxter, yakni tipe sedan coupe dua pintu, yang harganya dibanderol Rp1,075 miliar off the road , mesinnya menggunakan tipe 6 silinder 2.687 CC dengan tenaga maksimum 340 bhp. Mobil ini bisa memacu adrenalin pengemudinya, karena bisa dipacu hingga kecepatan maksimum 250 km per jam.

Mercedes Benz tidak mau ketinggalan. Mobil dengan kemewahan klasik itu menampilkan empat koleksi sedan dan SUV, di antaranya sedan C Sport 4 pintu, SUV Mercedes A150, SUV Mercedes ML 350 dan juga sedan imut. Mercedes ML 350, yang harganya Rp 1,5 miliar, merupakan mobil paling anyar yang diluncurkan 8 Juli lalu dan meraih the best car untuk kategori sedan di pameran otomotif paling bergengsi di Indoneia itu. Seperti tipe sebelumnya, tipe terbaru Mercedes tetap konsisten menghadirkan kemewahan dalam berkendaraan. Disain interiornya mengusung nuansa futuristik sehingga menumbuhkan kesan sangat elegan. Sementara Mercedes-Benz C Sport yang menjadi pemenang top gear best choice 2004 eksekutif sedan ditawarkan dengan harga Rp 505 juta, sedangkan CLS 350 harganya Rp 1,628 miliar.

Jaguar, melalui PT Grand Auto Dinamika, menampilkan mobil-mobil keluaran terbaru. Harganya bervariasi, mulai dari Rp545 juta untuk X-Type Estate 2.0 V6 hingga Rp 2,125 miliar untuk New XJ8 4.2 V8 LWB SE Super dan New XKR 4.2 V8 Supercharged. Kendaraan prestisius ini mengusung tema elegan, futuristik, namun juga memperhatikan aspek keselamatan dan aspek hiburan. Keunggulan yang patut dibanggakan dari seri-seri baru ini adalah paduan modernisme dan klasik ala Jaguar. Bodi hampir semuanya terbuat dari alumunium yang ultra kuat namun ringan seperti yang digunakan pesawat terbang. Selain itu, Jaguar tipe XJ juga mengadopsi teknologi body-in-white atau BIW hingga 40% lebih ringan dari kerangka bodi baja, tapi lebih kokoh 60% dari baja.

Yang mendapat perhatian terbanyak apalagi kalau bukan Bentley dengan dua andalannya, yakni Continental GT dan Flying Spur. Kedua jenis mobil ini dipakai David Beckham, pemain sepakbola tenar dari Inggris, dan baru masuk ke Indonesia sejak 2003.

Bentley yang harganya mencapai 520.000 dolar AS atau sekitar Rp5,2 miliar, konon dibuat secara hand made, tidak dibuat secara massal, sehingga kesannya elegan dan eksklusif. Sementara Continental GT yang harganya Rp4,8 miliar memang sangat istimewa. Mobil mewah dua pintu ini sanggup melesat dengan kecepatan lebih dari 190 km/jam. Akselerasinya pun terbilang handal. Untuk mencapai angka spedometer 100 km per jam, Continental GT hanya butuh waktu 4,8 detik. Wow!

Jangan salah, mobil-mobil mewah ini punya pasar khusus. Pembelinya adalah orang-orang yang masuk kategori platinum society yang jumlahnya memang terbatas. Memang Phantom seharga Rp8,25 miliar, satu-satunya mobil mewah yang dipamerkan Rolls Royce tidak sempat berpindah tangan, tapi PT Grand Auto Dinamika yang mengunggulkan Bentley dan Flying Spur yang berhasil meraih predikat best of the best berhasil membukukan penjualan total hampir Rp50 miliar.

BMW, yang paling populer di kategori mobil mewah, bahkan menjual berbagai seri produknya tak kurang dari Rp93,5 miliar. Pabrikan mobil Jerman ini menampilkan 13 model terbarunya, dengan harga per unitnya berkisar antara Rp435 juta (seri 120i) hingga Rp2,2 miliar (750Li) itu.

Memiliki mobil mewah memang keinginan semua orang, meski hanya orang-orang tertentu yang sanggup mewujudkannya. Seperti pengusaha butik asal Bandung, Diah Ratna Kamila, yang memakai Jaguar S-Type. “Dari dulu saya memang suka, penampilannya gagah. Selain itu, saya merasa kalau lagi menyetir, beda aja dengan yang lain. Menurut saya, yang ini lebih ringan bawanya…,” ujarnya.

Selain Jaguar seharga Rp798 juta, di garasi rumahnya ada Mercy Hitam Metalik C 240, Mercy E 320, serta Kijang LGX Silver dipakai untuk keperluan dua anaknya yang belum lagi remaja. “Kalau boleh berharap lagi, pengennya sih punya Toyota Harrier dan Alphard. Kalau Bentley mungkin masih impian,”ujar perempuan kelahiran 20 Desember 1973 itu.

Hal yang sama juga diungkapkan Anjasmara tentang kecintaannya terhadap mobil mewah, khususnya Mercy. Awal jatuh cintanya pada Mercy sejak SMP, dan baru terealisasi delapan tahun yang lalu dengan mempunyai Mercy mini tahun 1985. Kini di garasinya terdapat tiga seri, E 260, G 300 dan F 230, selain sebuah Kijang. “Prinsip saya harus Mercy meski mobil tua sekali pun. Selain prestisius, desain, performa mesinnya bagus, long term, dan mempunyai kharisma tersendiri,” tukasnya.

Pemain sinetron yang baru menyelesaikan Mukjizat Allah itu mengaku bahwa kakak dan ayahnya juga fanatik Mercy. Sementara istrinya, Dian Nitami, lebih suka mengendarai Kijang, tapi belakangan juga ikut-ikutan menggemari Mercy. Hampir setiap tiga tahun Anjasmara membeli Mercy, “Saya berambisi untuk memiliki seri SLR. Ada juga sih yang paling mewah, Maybach, yang harganya mencapai Rp14 miliar, di Indonesia yang punya cuma lima orang. Tapi saya tetap memilih SLR,” katanya.

Orang-orang seperti Anjasama atau Diah, adalah target pasar mobil-mobil mewah. Meski tidak banyak, tapi potensi itulah yang membuat produsen-produsen mobil mewah rajin meluncurkan produknya ke pasar Indonesia. Jalanan Jakarta ibarat sebuah catwalk raksasa, di antara padatnya jalanan tersembul mobil-mobil mewah beradu cantik. Ada model sport yang memberikan daya tarik besar, ada bentuk aerodinamis yang mengarah ke futuristik, tetapi ada juga yang mengusik keingintahuan orang dengan warna-warna mencolok. Audi A4 2.0 generasi baru, BMW Serie 3 generasi kelima, Brea dari Alfa Romeo, Citroen C-6, Porsche 911 GT3, Aston Martin sport V12 Vanguish S, Zaroot dari Nissan, Lexus seri LF-A yang konon hanya untuk pasar Eropa, bahkan mobil super mewah Mercedes Benz, Maybach, semuanya ada di sini.

Platinum Society, 2005

No comments:

Post a Comment