Sunday, November 20, 2011

Museum of Modern Pop Art in Pullman Jakarta


SEBUAH lukisan kontemporer tergantung di sebuah dinding, menggambarkan sepeda motor dengan roda depan memanjang ke depan yang dekonstruktif sekaligus futuritik. Di sudut yang lain adalah lukisan seorang bocah berkaus Superman, dilukis secara surealistik.

Lukisan-lukisan bergaya pop art itu hampir memenuhi setiap dinding. Patung-patung dan hiasan layaknya seni instalasi juga bertebaran di sana-sini. Ditambah dengan interior ruang yang berani, bahkan meja dan kursi yang tidak sekadar fungsional tapi juga artistik, menjadi pemandangan yang menawan mata. Museumkah? 

Bukan. Ini adalah sebuah hotel baru, yang berlokasi Podomoro City Super Block, Jakarta. Pullman, nama hotel berbintang lima ini, tidak hanya artistik, tapi hampir menyerupai museum seni modern. Lukisan dan instalasi ala Andy Warhol mewarnai hampir semua sudut. Di lounge-nya, yang dinamai BUNK, misalnya, kita menemui gaya tersebut, termasuk cover buku menu bergambar Marilyn Monroe.
 
Menurut Fabrice Mini, General Manager Pullman Jakarta, gaya unik Pullman itu memang dari sono-nya. Artinya, prinsipal mempunyai grand design soal artistik, yang kemudian diterjemahkan di masing-masing negara. “Desain Pullman Jakarta adalah ultra contemporary, tapi pengerjaannya oleh seniman lokal yang debutnya memang tidak kalah di tingkat global, sekitar 15 seniman,” ungkapnya.

Pullman Jakarta mengadopsi desain bergaya urban kontemporer sebagai ciri khasnya di kamar-kamar hotel untuk menciptakan suasana yang tenang. Satu-satunya upscale hotel di Jakarta Barat ini menawarkan konsep keramahtamahan yang unik melalui pusat perbelanjaan, perkantoran dan wisata hiburan yang terintegrasi.

Yup, Accor, operator hotel terbesar di Asia Pasifik, mengukir sejarah baru dengan membuka Pullman kedua di Indonenesia, tepatnya di Jakarta Central Park, setelah sebelumnya di Bali, Februari 2011. Hotel ini menargetkan pelancong bisnis, serta lokasi Jakarta sebagai ibu kota negara dan pusat bisnis Indonesia sejalan dengan visi brand Pullman untuk berkembang di kota-kota besar.

Menurut Accor Asia Pacific Business Traveller Research 2011 yang melakukan survei terhadap lebih dari 10.000 responden yang melakukan perjalanan bisnis di semester pertama 2011, Jakarta dan Bali adalah dua tujuan di Indonesia yang paling sering dikunjungi para pelancong bisnis dari Asia Pasifik dengan 73% dan 32% responden. Untuk perjalanan bisnis domestik, hampir tiga perempat dari perjalanan bisnis di dalam negeri bertujuan ke Jakarta.

“Pembukaan Pullman Jakarta Central Park sangat penting bagi kami karena brand Pullman adalah inti dari portofolio brand upscale Accor sekaligus brand yang tumbuh paling cepat di Asia Pasifik,” ujar Gerard Guillouet, Vice President Accor Malaysia, Indonesia, Singapore, pada pembukaan Pullman Jakarta, 16 November 2011.

Terletak di lokasi strategis, hanya 25 menit dari Bandara Soekarno-Hatta, hotel ini terintegrasi dengan pusat perbelanjaan Central Park (Pemenang Highly Commended Award untuk kategori Best Retail Development dalam Asia Pacific Property Awards 2011, yang merupakan The International Property Awards 2011 tingkat regional, salah satu ajang penghargaan properti paling bergengsi di dunia) dan dengan akses yang mudah dari Sudirman Central Business District, hotel ini ideal bagi para pelancong bisnis internasional dan domestik serta wisatawan.

Pullman Jakarta juga memiliki fasilitas lengkap dan cocok bagi para pelancong wisata maupun pelancong bisnis. Untuk memanjakan selera para tamu hotel, restoran Collage menyediakan beragam hidangan internasional yang komprehensif, baik hidangan prasmanan ataupun hidangan a la carte. Dengan konsep dapur terbuka dan suasana yang didesain dengan baik, tim kuliner Pullman yang handal akan menyajikan berbagai hidangan Timur dan Barat yang menggugah selera.

Fasilitas F&B lainnya, BUNK, yang disebut di depan, merupakan sebuah lounge dan kafe trendi berlantai dua dan menawarkan canapé dan signature cocktails serta menjadi tempat berkumpul para pelancong bisnis sekaligus menjadi tempat hang out yang keren.


Bagi pelancong wisata, kolam renang outdoor hotel ini dan teras berjemur menawarkan pemandangan kaki langit kota Jakarta. Fit & Spa Lounge menyediakan gymnasium modern, dan Sky Terrace Garden yang terletak di roof top adalah taman yang indah, dan fasilitas ini merupakan pilihan lain bagi para tamu hotel untuk menikmati pemandangan kota.

Pullman Jakarta terdiri dari 45 Superior Room, 150 Deluxe Room, 13 Executive Superior, 54 Executive Deluxe, 53 Executive Suite dan 2 Presidential Suite yang menawarkan pengalaman berkelas yang berkesan. Seluruh 317 kamar hotel ini dihiasi ornamen bergaya urban kontemporer, furniture mewah, rain shower, TV LCD, iPod docking station, akses internet/Wi-Fi berkecepatan tinggi serta jendela dari lantai hingga ke langit-langit yang menyuguhkan pemandangan kota yang spektakuler.

Untuk memenuhi kebutuhan rapat, seminar, dan penyelenggaraan acara, Pullman menawarkan fasilitas konferensi dan banquet yang modern dan luas dengan ruangan serbaguna tanpa pilar seluas lebih dari 5.700 meter persegi yang dirancang untuk memfasilitasi beragam acara korporat dan sosial. Ballroom Pullman adalah yang terluas kedua di Jakarta dan mampu mengakomodasi beragam acara seperti konser, pameran dan penikahan. Selain itu, tawaran Innovative Pullman Co-meeting dengan area Chill-out dan "A-la-carte Coaches" menjadikan Pullman tempat yang tepat untuk penyelenggaraan berbagai acara.


Nama Pullman adalah jaminan. Terletak di kota-kota penting di tingkat regional dan internasional, hotel-hotel Pullman menyediakan beragam layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan para tamu, akses terhadap teknologi canggih dan "co-meeting", sebuah pendekatan baru untuk penyelenggaraan pertemuan, seminar dan high-end incentive

Pada akhir 2011, jaringan hotel Pullman akan meliputi 70 hotel di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Pasifik dan Amerika Latin. “Kami memperkirakan bahwa jaringan hotel Pullman akan berkembang hingga lebih dari 150 hotel di seluruh dunia,” ujar pejabat yang mewakili Accor.

Accor sendiri adalah operator hotel terkemuka di dunia sekaligus pemimpin pasar di Eropa, berada di 90 negara dengan 4.200 hotel dan lebih dari 500.000 kamar. Portofolio Accor yang beragam - Sofitel, Pullman, MGallery, Novotel, Suite Novotel, Mercure, Adagio, Ibis, Etap Hotel (Ibis budget), F1 dan Motel 6 – menyediakan penawaran yang beragam mulai dari yang eksklusif hingga yang terjangkau. Dengan 145.000 karyawan di seluruh dunia, Group Accor menghadirkan pengalaman dan keahlian hampir selama 45 tahun bagi para klien dan mitranya.

Produk Accor memang dekat dengan masyarakat, karena ada di semua level, tapi berkunjung ke Pullman Jakarta tetap saja merupakan pengalaman yang tak terlupakan.