Cuz Mommy Needs to Play Too!

“Ada saatnya saya harus tegas seperti seorang bapak, ada kalanya juga harus lembut layaknya seorang ibu yang penuh kasih sayang. Kalau sudah tidak bisa diatur, saya bertindak tegas seperti seorang bapak,” tutur ibu dari Alexander Ryan Timoty (4 tahun). 

Lain halnya dengan Dian. Ia tidak bisa berperan keras seperti suaminya. Alhasil, saat suami meninggal, ia mengalami kesulitan mengatur kedua anaknya. “Terutama anak paling besar (Andana). Kalau ia sudah marah dan ngambek, saya bingung sendiri. Bahkan Andana pernah kabur dari rumah karena saya tegur,” ujar ibu dua anak ini yaitu Andana (17 tahun) dan Senada (5 tahun). 

Berdasarkan data, lebih dari 70 persen orang tua tunggal dialami kaum perempuan. Bukan hanya di Indonesia, fenomena single parents juga terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Sejak dua generasi belakangan, model perkawinan masyarakat Barat tengah mengalami perubahan mendasar. Sehingga fenomena ini menjadi isu utama gerakan moral di Barat. Meningkatnya angka perceraian, gaya hidup bersama tanpa ikatan nikah, bertambahnya jumlah anak di luar nikah, dan kian bebasnya hubungan seksual, telah menambah pelbagai persoalan rumah tangga di Barat.

Secara historik, persoalan ini mulai terjadi setelah revolusi industri – saat kaum perempuan mulai bekerja dan meninggalkan rumah. Semenjak itu muncullah model keluarga baru yaitu single parent. Model keluarga ini, semakin marak di Barat sejak dasawarsa 60-an. Dalam model keluarga semacam ini, anak-anak hanya hidup bersama dengan salah satu orang tua dan dalam banyak kasus mereka hidup dengan ibu. 

Sosiolog Perancis, Andre Michel mengklasifikasi keluarga Amerika Serikat dalam tiga model. Salah satunya adalah model keluarga yang hanya terdiri dari ibu dan anak. Sejumlah data statistik di Eropa menunjukkan, bahwa lebih dari 50 persen penduduk negara Eropa pada dekade terakhir abad ke-20 hidup dalam keluarga single parents. Selain itu, Lembaga Statistik Amerika Serikat melaporkan, jumlah keluarga single parents di Amerika Serikat pada tahun 2000 mencapai lebih dari 12 juta keluarga. Sementara itu, jumlah janda di Amerika Serikat antara 1970 hingga 2000 mengalami peningkatan serius dari tiga juta menjadi sepuluh juta janda.

Menurut beberapa meneliti sosial, fenomena single parents disebabkan maraknya hidup bersama di luar nikah, individualisme, sikap lari dari tanggung jawab, dan meningkatnya kasus perceraian. Sebagian besar keluarga single parent yang hanya terdiri dari ibu dan anak ternyata merupakan hasil dari hubungan di luar nikah. 

Kasus di Eropa dan Amerika Serikat ini, sekarang juga tengah hangat di kalangan selebriti iIndonesia. Di antaranya berita tentang kelahiran anak di luar nikah dan keputusan Sheila menjadi single parent, meski, Anji telah mengakui anak tersebut, Leticia Charlotte Agraciana Joseph, adalah anak biologisnya. Namun keputusan Sheila untuk menjadi single parent sama sekali tidak berubah.

Photo by Chelsea Gates on Unsplash

Hal itu dinyatakan Maria Joseph, ibunda Sheila. Ia berterimakasih kepada Anji karena telah mengakui Leticia adalah hasil buah cintanya dengan Sheila. Setidaknya, pengakuan vokalis Drive itu menegaskan kalau cucunya bukan anak simpanan, melainkan memiliki ayah yang jelas. Tapi tidak merubah apa pun, Sheila tetap menjadi single parent. 

Ya, menjadi single parents bisa jadi karena musibah, tapi juga terkadang piliihan. Dan yang jelas, apa pun status yang melekat pada setiap orang, kehidupan harus tetap berjalan. Mencari nafkah dan menikmati hidup, bagi yummy mommy adalah dua hal yang harus seimbang. Ya, yummy mommy mewakili ibu yang tidak ingin hanya berdiam di rumah, cuz mommy needs to play too! (Burhan Abe)

ME Asia, June 2010

Previous article
Next article

Related Stories

spot_img

Discover

Breman85 

Menikmati Kesempurnaan Kuliner dan Koneksi Sosial di Pulau Bali Selamat datang di Breman85, di mana...

Discovering Indonesian Food with Balenusa and Sarirasa Catering 

With Sarirasa Group, Savor the Variety of Flavors and Traditions  Sarirasa Group reaffirms its dedication...

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

Popular Categories

Comments