Seni Pertunjukan Indonesia di Pasar Dunia

Sementara itu Azizah Zakaria dari National University of Singapore (NUS) Center for the Arts, terpesona dengan komposisi musik Simak Dialog dan I Wayan Balawan. Benno Rama Dia, mewakili Brisbane Powerhouse, memilih kelompok tari Independent Expression, KITA Dance, dan Ni Kadek Yulia Puspasari. Sedangkan Liew Chin Choy dari Nanyang Academy of Fine Arts berminat pada tari Tongkonan dari Sanggar Kreatif Sulawesi Selatan.

Beberapa presenter lokal juga tidak ketinggalan. Penampilan Rury Nostalgia, misalnya, sudah diincar Martin Krumeck, yang memiliki sebuah gedung pertunjukan di Kuta, Bali. Ananda Sukarlan, pianis Indonesia yang datang mewakili Spanyol, tempat ia bermukim sekarang, berencana mengusung kelompok musik Metadomus dan I Nyoman Sura, koreografer dari Bali. Sedangkan Direktur Goethe Institut Marla Stukenberg merekomendasikan Teater Satu (Lampung) untuk tampil di festival teater Berlin – yang setiap tahun rutin diikuti teater dari Indonesia.

Photo by Fahmi Ramadhan on Unsplash

Hasil tersebut memang sebatas potensi, yang untuk mewujudkannya membutuhkan waktu. Hanya saja, di tengah kegamangan kita boleh bangga bahwa kesenian Indonesia mampu go international. Juga, jangan salah, gamelan Jawa, untuk menyebut salah satu contoh, sudah lama mendunia.

Di AS, misalnya saat ini tak kurang dari 300 set gamelan dengan ratusan grup yang memainkannya. Di Paris konon ada 15 grup dan di London 20-an grup gamelan. Di negara tetangga Australia, jangan ditanya lagi, grup-grup penabuh gamelan sudah terbentuk di Sydney, New England, Perth, Adelaide, Armidale.

Belum lagi di Jepang, Bulgaria, Ceko, dan beberapa negara di Eropa Timur. Bahkan komposisi gamelan Ketawang Puspowarno, karya Ki Tjokrowasito, sempat terbang ke luar angkasa, Voyage tahun 1977, bersama musik klasik karya Bach, Beethoven, dan Mozart.

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments