Abad 21 dan Munculnya Gen C

Dalam dunia nyata, seorang cracker bisa dijumpai dalam wujud seperti personalcracker maupun corporatecracker. Ia mencontohkan seorang personal cracker ialah CEO Bank Jawa Barat (Jabar) Agus Ruswendi yang berhasil membawa Bank Jawa Barat dari bank daerah yang ‘berwawasan’ sempit menjadi bank nasional. Selain itu ditangannya, Bank Jabar menjadi bank daerah pertama yang tercatat di bursa saham.

Sosok lainnya adalah CEO Garuda Indonesia Emirsyah Satar yang berhasil mengembalikan citra Garuda Indonesia ke dunia penerbangan internasional. Pada tahun 2010, Garuda berhasil terbang ke Eropa. Masih banyak cracker-cracker lainnya termasuk CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi yang telah membawa ‘revolusi’ tarif telepon seluler dengan menawarkan tarif super murahnya dan lain-lain.

Sementara itu dari sisi corporate, cracker bisa ditemukan dalam kasus PT Holcim Indonesia, sebuah perusahaan semen yang melakukan perubahan bisnis tidak hanya sebagai produsen semen, namun juga menawarkan konsep solusi rumah sebagai tempat konsultasi pembangunan rubah bagi konsumen yang sebelumnya tak pernah ditemukan.

Photo by Hello I’m Nik on Unsplash

Selain itu, ada juga PTT HM Sampoerna yang mengambil sikap agar industri rokok diperketat dan implementasi larangan anak-anak merekok. Padahal disaat yang bersamaan produsen rokok lainnya meminta proteksi pemerintah dan meminta peraturan diperlunak.

Di masa lalu, cracker juga bisa ditemukan misalnya Sosrodjojo pendiri teh botol sosro, Tirto Utomo pendiri Aqua yang menyulap minuman minuman mineral menjadi komersil sekaligus mengubah wajah industri minuman, Purnomo pendiri Bluebird menciptakan armada taksi dengan sistem agro dan melayani pemesanan online. “Terlepas  dari masalah yang dihadapinya, Ibnu Sutowo itu adalah cracker, ia membangun Pertamina dari nol, memperkenalkan bahan bakar gas seperti LNG, LPG,” kata peraih gelar Ph. D. dari University of Illinois, AS.

Related Stories

spot_img

Discover

Cross Paasha Bali Seminyak

A Symphony of Style, Sophistication, and Balinese Charm Bali, Indonesia – In the heart of...

Merayakan Imlek 2024 Lebih Semarak di The Langham Jakarta 

Masuki tahun baik dengan energi positif dan pesta meriah yang lezat di T’ang Court  Perayaan...

Understand Digestive Imbalances During the Festive Season at RAKxa 

What are the Factors that Can Disrupt the Balance of Your Gut  During the winter...

Rocka Reopens at Six Senses Uluwatu, Bali

Rediscovering Sustainable Culinary Dining  Rocka Restaurant & Bar at Six Senses Uluwatu reopens its doors...

COAL Menghidupkan Suasana Bar di Jakarta Pusat

COAL adalah bar terbaru di Jakarta yang menyajikan koktail khas dengan sentuhan cita rasa...

Sunday Folks Luncurkan Aneka Pilihan Es Krim Artisanal di...

Merek asal Singapura ini menghadirkan pilihan es krim premium dan hidangan pencuci mulut di...

Popular Categories

Comments